Tiongkok Uji Tank Ringan Baru di Dataran Tinggi Tibet

Tiongkok Uji Tank Ringan Baru
Tiongkok Uji Tank Ringan Baru  

Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) telah menguji sebuah tank baru di Dataran Tinggi Tibet di Tiongkok barat, Kementerian Pertahanan Tiongkok mengumumkan pada 29 Juni.
"Baru-baru ini, sebuah tank tipe baru telah melakukan uji coba di Dataran Tinggi Tibet. Uji coba tersebut bertujuan untuk menguji kinerja tank dan tidak ditargetkan ke negara manapun," kata juru bicara PLA Kolonel Wu Qian dalam sebuah konferensi pers reguler di Kementerian Pertahanan pada tanggal 29 Juni. Pernyataan tersebut muncul sebagai tanggapan atas sebuah pertanyaan tentang laporan media AS tentang tank tempur ringan seberat 35 ton yang terlihat selama latihan militer yang baru-baru ini dilakukan oleh brigade infanteri mekanis Komando Militer PLA Tibet di Dataran Tinggi Tibet.
Juru bicara tersebut tidak mengungkapkan rincian tentang tank tersebut, namun kemungkinan ia mengacu pada tank ringan ZTQ yang disebut sebagai Xinqingtan, yang gambarnya pertama kali muncul pada tahun 2010. Masih belum jelas apakah tank ringan jenis baru dengan berat tempur antara 33 sampai 36 ton ini telah masuk ke dalam kedinasan PLA.
Sebuah varian ekspor Xinqingtan, yang diberi nama VT-5, pertama kali ditampilkan pada sebuah pameran pada bulan Oktober 2016. Baik VT-5 dan Xinqingtan dilaporkan sedang dikembangkan oleh North Industries Corporation (NORINCO) Tiongkok, pembuat tank terbesar di Tiongkok.
Tank VT-5 tersebut dipersenjatai dengan meriam 105 milimeter yang dilengkapi dengan thermal sleeve dan fume extractor. Serupa dengan meriam pada MBT Tiongkok lainnya, meriam VT-5 juga dapat menembakkan rudal anti-tank berpemandu laser, di samping amunisi penetrator energi kinetik dan HEAT. VT-5 dilengkapi juga dengan sistem fire control mutakhir dan dilengkapi autoloader seperti halnya semua tank desain Tiongkok.
Di samping meriam 105 milimeter, tank ringan Xinqingtan dilaporkan dipersenjatai peluncur granat 35 milimeter dan senapan mesin 12,7 milimeter. Tank ini kabarnya bisa dilengkapi dengan armor komposit canggih dan explosive reactive armor. Menurut beberapa laporan, PLA berencana untuk mengakuisisi hingga 300 tank ringan Xinqingtan. Tank ini kemungkinan akan digunakan untuk operasi pengintaian dan operasi dukungan infanteri di daerah pegunungan.
Tank VT-5 dan ZTQ nampaknya merupakan versi lebih kecil dari VT-4/MBT-3000. VT-4 didasarkan pada desain tank T-72 era Soviet dan dipersenjatai dengan meriam smoothbore 125 mm. Dibandingkan dengan VT-4, VT-5 memiliki armor yang lebih lemah dan meriam utama serta mesin yang lebih rendah kemampuannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak