Vietnam Mengkonfirmasi Beli Tank T-90 Rusia dan Kemungkinan Persenjataan Lain

Tank T-90 Rusia
Tank T-90 Rusia  

Vietnam telah memesan 64 tank tempur utama (MBT) T-90S/SK dari Rusia, kantor berita negara di Hanoi mengkonfirmasi pada 21 Juli.
Laporan tersebut, yang mengutip beberapa komentar dari pejabat pertahanan Rusia yang sedang berbicara dalam sebuah konferensi pers di pameran dirgantara MAKS-2017 di Moskow, mengatakan bahwa akuisisi tersebut akan didanai oleh kredit yang diberikan oleh Moskow.
Jane pertama kali melaporkan pada awal Juli bahwa produsen tank Rusia UralVagonZavod mengungkapkan dalam laporan tahunannya bahwa mereka telah mendapat pesanan dari Vietnam untuk MBT T-90S/SK. T-90S adalah model ekspor dasar, sedangkan kode 'K'adalah referensi untuk versi komando.
Nilai kesepakatan T-90 tersebut tidak diungkapkan namun diperkirakan sekitar USD250 juta. Investasi tersebut merupakan pesanan besar MBT pertama yang dilakukan Tentara Rakyat Vietnam (VPA) selama bertahun-tahun. Investasi selama dekade terakhir lebih banyak berfokus pada modernisasi angkatan laut dan angkatan udara Vietnam.
Selain MBT, laporan tersebut mengatakan Vietnam juga tengah berusaha untuk mendapatkan dari Rusia empat sistem rudal S-400 Triumf untuk meningkatkan kemampuan rudal darat-ke-udara dan pesawat tempur multirole MiG-35 untuk menggantikan pesawat tempur MiG-21 Angkatan Udara Rakyat Vietnam (VPAF), yang kini diperkirakan telah pensiun.
Jumlah MiG-35 yang hendak di beli AU Vietnam belum terungkap, walaupun AU Vietnam sebelumnya mengoperasikan lebih dari 30 MiG-21 dan diketahui memerlukan jumlah pesawat tempur tambahan yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan tempur udaranya.
Untuk mendukung pembelian ini dan lainnya, kantor berita negara di Hanoi melaporkan bahwa industri pertahanan Rusia ingin memperluas kehadirannya di Vietnam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak