Hyundai Heavy Industries Serahkan Kapal Pendarat LST-II Kedua ke AL Korsel

 Kapal Pendarat LST-II AL Korsel
 Kapal Pendarat LST-II AL Korsel 

Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (Defense Acquisition Program Administration - DAPA) telah mengumumkan bahwa Landing Ship Tank kelas LST-II kedua "Cheon Ja Bong" telah diserahkan Selasa minggu lalu (01/08) ke Angkatan Laut Republik Korea (Angkatan Laut Korea Selatan). LST tersebut adalah kapal kedua dari empat kapal yang akan dibangun hingga tahun 2018 sebagai bagian dari proyek next generation landing ship Korea Selatan. Kapal pertama, "Cheon Wang Bong", diserahkan ke Angkatan Laut Korea Selatan pada bulan November 2014.
Cheon Ja Bong memiliki displacement 4950 ton (lebih dari 7000 ton dengan muatan penuh) dan berukuran panjang 126,9 meter. Kapal ini dapat mengangkut lebih banyak tentara dan peralatan, berlayar lebih jauh dengan kecepatan lebih tinggi daripada kapal kelas Gobongjun (LST-I) saat ini. Kapal ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 23 knot dan bisa menampung 300 tentara, dua LCM, dua tank MBT dan delapan Assault Amphibious Vehicle (KAAV7A1).
Helicopter pad kapal tersebut dapat menampung dua helikopter, sebuah fitur yang memungkinkan operasi infiltrasi udara dan maritim secara simultan.
Kapal Cheon Ja Bong dilakukan peletakan lunasnya pada bulan Desember 2013 dan diluncurkan pada bulan Desember 2015 di galangan kapal Hyundai Heavy Industries. Kapal ini sudah melewati sea trial dan akan dioperasikan setelah sekitar empat bulan pelatihan awak dan pengenalan.
"Saat Cheonjabong dioperasikan, ia akan memainkan peran kunci, bersama dengan kapal pertama Cheon Wang Bong, sebagai kapal pendarat utama Angkatan Laut Republik Korea," kata Lee Jae-dong, seorang pejabat badan pengadaan. "Kapal ini tidak hanya akan melakukan operasi pendaratan, tapi juga berbagai misi lain di masa perang, dan diharapkan dapat berkontribusi pada operasi penjaga perdamaian di masa damai."

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak