ILSV Black Navy 4×4, Rantis Lapis Baja Produksi Dalam Negeri untuk Korps Brimob Polri

ILSV Black Navy 4×4
ILSV Black Navy 4×4 

Setelah selama ini lebih banyak menggunakan rantis lapis baja produksi luar negeri, kini ada kabar bahwa Korps Brimob akan mengakuisisi rantis lapis baja 4×4 produksi dalam negeri, yakni salah satu varian ILSV (Indonesia Light Strike Vehicle) buatan PT Jala Berikat Nusantara Perkasa, perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang armour. Sejatinya ILSV sudah tak asing lagi, mengingat protptipe-nya sudah pernah diperlihatkan ke publik pada Indo Defence 2016.
ILSV yang digunakan Korps Brimob adalah ILSV Black Navy, yang pada Indo Defence 2016, prototipe rantis ini dipamerkan di area indoor. Sekujur body ILSV Black Navy dirancang sanggup menahan terjangan proyektil (NIJ Level III), pada rantis ini juga dilengkapi mounting gun pada bagian atap untuk senapan mesin FN MAG kaliber 7,62 mm.
Rantis yang mengusung sasis dari Toyota Hilux Generasi VII ini dapat membawa enam personel dengan perlengkapan tambahan dua radio komunikasi pada frekuensi 800 megahertz. Dapur pacu rantis ini dipercayakan pada mesin diesel 1KD-FTV 2.982 cc 16 valve commonrail dengan variable geometry turbocharger dan intercooler.
Pancaran kekuatan mesin bisa mencapai 172 hp dan torsi 352 Nm. ILSV menggunakan transmisi matik 4 percepatan dan transfercase 2 percepatan part-time merupakan partner bawaan mesin. ILSV dapat digeber hingga kecepatan 100 km per jam, dengan kapasitas bahan bakar 100 liter, secara teori ILSV dapat menjelajah sejauh 870 km.
ILSV sudah memakai tipe ban run flat, dan pada demo produk yang diperlihatkan di Indo Defence 2016, ILSV nampak menggunakan ban Maxxis yang dipadu dengan pelek besi dari American Wheels.
Selain tipe Black Navy, ILSV juga ditawarkan dalam varian standar mengusung desain pintu half door. Pintu ini dilengkapi dengan pintu jendela kecil yang dapat dibuka-tutup. Selain itu, pintu ini bisa di-upgrade dengan menggunakan model pintu fulldoor, dan bisa juga dilapisi kevlar agar tahan dari penetrasi peluru. Lapisan bodi ILSV varian standar menggunakan bahan duralium, alhasil tercipta struktur bodi yang kokoh dan ringan, bobot ILSV ditaksir sekitar 3,5 ton. Kabarnya 20 unit ILSV Black Navy telah dipesan untuk memperkuat Brimob. (Gilang Perdana)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak