India Perlihatkan Prototipe ‘Quad Launcher’ Rudal BrahMos Produksi Dalam Negeri

Quad Launcher BrahMos
Quad Launcher BrahMos 

India akhir pekan lalu memperlihatkan prototipe Quad Launcher produksi dalam negeri yang akan digunakan sebagai wahana peluncur rudal jelajah hipersonik BrahMos dari kapal perang angkatan lautnya.
BrahMos dikembangkan bersama oleh India dan Rusia dari basis rudal jelajah P-800 Onyx buatan Rusia. Rudal BrahMos dibuat dalam tiga jenis sehingga dapat diluncurkan dari wahana daratan, lautan, maupun udara.
Dalam membangun BrahMos, India telah mematok 75 persen penggunaan kandungan lokal dan hal itu ditargetkan tercapai dalam enam bulan ke depan.
Quad Launcher akan ditempatkan di sisi kiri dan kanan kapal perang India (dan juga kapal perang negara lain berikutnya). Masing-masing peluncur mampu menampung empat unit rudal sehingga total BrahMos yang dapat diluncurkan secara simultan berjumlah delapan unit.
Maret lalu, India juga berhasil menguji coba penembakan rudal BrahMos menggunakan seeker (sistem pencari sasaran) buatan dalam negeri. Kemampuan ini sekaligus menunjukkan perkembangan penguasaan teknologi India. (Roni Sontani)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak