Jet Tempur Siluman F-35 Terancam Terkena Karat di Norwegia

F-35 Norwegia
F-35 Norwegia 

Pesawat jet tempur generasi kelima F-35 yang baru dibeli Norwegia dari Amerika Serikat (AS) terancam karatan. Musababnya, pangkalan udara di negara itu dilarang menggunakan bahan kimia pencegah korosi demi menjaga lingkungan.
Nasib serupa yang mengancam pesawat mata-mata P-8 Poseidon yang juga dibeli Norwegia dari AS. Menurut laporan Oslo Economics yang dikutip Senin (7/5/2018), biaya kerusakan pesawat-pesawat canggih akibat karatan itu akan mencapai NOK 1,4 miliar (USD170 juta).
Jet tempur F-35 produksi Lockheed Martin AS merupakan akuisisi pertahanan paling mahal di Norwegia dan disebut-sebut sebagai tulang punggung Angkatan Bersenjata negara itu.
Di Evenes, pangkalan udara utama di Norwegia utara, landasan harus dibersihkan selama musim dingin. Masalahnya, Angkatan Bersenjata tidak diizinkan menggunakan bahan kimia yang paling cocok untuk alasan lingkungan.
Sebaliknya, Angkatan Bersenjata harus puas dengan Aviform L50, zat yang diketahui menyebabkan kerusakan karat pada pesawat.
Angkatan Udara negara itu awalnya ingin menggunakan urea guna mencegah es terbentuk. Tapi, pangkalan udara tidak mendapatkan izin karena kerusakan besar akibat pengasaman akan menyebabkan lahan basah di sekitar Evenes yang dilindungi.
Masalah yang berkaitan dengan kerusakan karat yang disebabkan oleh Aviform L50 telah dikenal untuk waktu yang lama. Itulah sebabnya opsi alternatif telah dipertimbangkan.
Menurut konsultan Oslo Economics yang dikutip surat kabar Klassekampen, Senin (7/5/2018), memanaskan landasan akan menjadi solusi termurah yang tersedia. Opsi itu akan menyelamatkan dana Kementerian Pertahanan Norwegia sekitar NOK 550 juta (USD69 juta) selama 30 tahun.
Kendati demikian, kementerian pertahanan enggan membuat landasan pacu panas, karena tekanan waktu yang dihadapi saat ini. Opsi pemanasan pada landasan pacu itu dibuang, meski belum dipraktikkan di bawah kondisi iklim yang rata-rata diselimuti gletser.
Pangkalan udara Evenes, yang terletak di perbatasan antara Nordland County dan Troms County, dijadwalkan selesai pada 2022. Ini akan menjadi basis operasi utama untuk F-35 dan P-8 Poseidon.
Akuisisi F-35 telah dikaitkan dengan beberapa penundaan. Meskipun pilihan untuk menjadikan F-35 sebagai andalan Angkatan Udara Norwegia pada awalnya diambil pada tahun 2008, pangkalan udara di Evenes masih dalam pembangunan dengan perkiraan biaya NOK 40 miliar (USD5 miliar).
Sementara itu, pasokan pertama F-35 telah tiba di Norwegia pada tahun lalu. Jet tempur yang sangat mahal itu terpaksa disimpan di bawah tenda karena masih menunggu pembangunan hangar rampung. (Muhaimin)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak