Perairan Indonesia Idealnya Dijaga Minimal 8 Kapal Selam

Kapal Selam TNI AL
Kapal Selam TNI AL 

Kementerian Pertahanan menyebut Indonesia membutuhkan delapan kapal selam untuk menjaga kedaulatan negara. Saat ini, Indonesia baru memiliki tiga kapal selam, dengan KRI Ardadedali-404 yang sedang dalam perjalanan dari Korea Selatan (Korsel) menuju Surabaya, Jawa Timur.
"Delapan paling sedikit. Kalau bisa sampai 12 atau 15 kapal. Tapi kan kita juga paham, semua bergantung kondisi keuangan negara. Harganya kan sangat mahal sekali," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskom) Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal Totok Sugiharto di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 30 April 2018.
Menurut dia, saat ini, ada satu kapal selam lain yang tengah dirakit di Galangan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co, Ltd (DSME), Okpo, Korsel. Selain itu, ada satu kapal selam lain yang dibuat di PT PAL Surabaya bekerja sama dengan Korsel.
Kapal Selam Ardadedali-404 Dilengkapi Torpedo Black Shark
Kapal Selam KRI Ardadedali-404 dilengkapi dengan persenjataan mumpuni. Persenjataan yang dibenamkan dalam kapal itu dipastikan bisa membuat ciut musuh.
"(KRI) mampu meluncurkan torpedo Black Shark 533 mm dan peluru kendali anti-kapal permukaan yang merupakan modernisasi armada kapal selam TNI AL," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskom Publik) Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal Totok Sugiharto di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 30 April 2018.
Menurut dia, alat utama sistem persenjataan (alutsista) itu adalah kapal selam kedua hasil kerja sama dengan Korea Selatan. KRI Ardadedali-404 pun memiliki sistem pertarungan terbaru.
"KRI Ardadedali-404 merupakan salah satu dari tiga kapal selam yang dipesan dari Pemerintah Korea di mana dua buah diselesaikan di galangan DSME dan satu lainnya di PT PAL Surabaya," ujar Totok.
ementara itu, kapal selam ini diberi nama oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. "Diambil dari salah satu nama senjata panah yang dimiliki oleh Arjuna (tokoh protagonis dalam wiracarita Mahabharata)," jelas dia.
Ia beserta tim berharap agar dengan KRI Ardadedali-404 dapat menjalankan tugas dan fungsi demi kemajuan bangsa dan negara. KRI ini sedang dalam perjalanan ke Tanah Air.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak