Turki Akan Tempatkan F-35 di Provinsi Malatya

F-35
F-35 

Angkatan Udara Turki tengah melaksanakan persiapan akhir jelang kedatangan penempur terbaru F-35 yang akan bergabung dengan kekuatan Türk Hava Kuvvetleri. Dijadwalkan, F-35 gelombang pertama akan tiba di Turki pada 21 Juni mendatang. Demikian dilaporkan Anadolu.
September tahun depan, dua pilot AU Turki akan menerbangkan jet siluman generasi kelima itu dari Amerika Serikat dengan melaksanakan pengisian bahan bakar di udara. Kedua pilot saat ini tengah menjalani pendidikan terbang di Amerika Serikat.
Turki akan menempatkan F-35 mereka di Pangkalan Utama Komando Pesawat Jet Utama ke-7 di Provinsi Malatya, wilayah timur Turki. Pesawat ini akan menggantikan peran armada F-4E Phantom dan F-16C Fighting Falcon. Di pangkalan ini Turki juga membangun hanggar baru dan memperbarui shelter pesawat.
Turki memesan 100 jet tempur F-35 dimana 30 unit telah mendapatkan persetujuan. Pesawat yang dipesan, kata sumber, merupakan F-35B –varian STOVL yang dapat lepas landas dan mendarat di landasan pendek maupun secara vertikal.
Untuk menerbangkan F-35, AU Turki akan merekrut para penerbang F-4/F-16 dan mendidik mereka selama enam minggu. Turki melaksanakan kerja sama dengan Lockheed Martin tahun 1990 untuk pengadaan Fighting Falcon dan kini diteruskan dengan pengadaan Lightning II.
Rencana pengiriman F-35 oleh Lockheed Martin kepada Turki sempat ditentang oleh tiga senator AS sehubungan dengan langkah-langkah “sembrono” yang dilakukan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan.
Turki juga dianggap tidak taat aturan karena tetap ngotot membeli sistem senjata pertahanan udara S-400 dari Rusia. (Roni Sontani)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak