AD Thailand Persiapkan Pembelian Helikopter Serang

Kamov Ka-52
Kamov Ka-52  

Angkatan Darat Kerajaan Thailand sedang mempersiapkan untuk melakukan pengadaan setidaknya enam helikopter serang baru untuk menggantikan armada Bell AH-1F Cobra-nya yang telah menua, dengan pendanaan untuk pengadaan yang disediakan dalam anggaran pertahanan 2019.
Mengkonfirmasi rencana itu dalam konferensi pers pada 12 Juni, Mayjen Weerayuth Intaworn, komandan Pusat Penerbangan AD Thailand, mengatakan bahwa AD Thailand telah membentuk komite pengadaan khusus, yang kini mengevaluasi proposal dari beberapa negara asing.
Helikopter yang sedang dievaluasi termasuk diantaranya Mil Mi-28 dan Kamov Ka-52 dari Rusia, Bell AH-1Z Viper dan Boeing AH-64 Apache, Airbus Helicopter Tiger, Leonardo AW129 Mangusta, dan Z-19 Black Whirlwind produk Harbin Aircraft Industry Group Tiongkok.
Pusat Penerbangan AD Thailand yang berpangkalan di Lopburi, telah mengoperasikan sejumlah kecil AH-1F Cobra sejak awal 1990-an tetapi tiga dari pesawat ini dijadwalkan akan dinonaktifkan dalam waktu dekat, sebagaimana dikonfirmasi oleh Mayor Jenderal Intaworn.
Kebutuhan helikopter serang AD Thailand sudah lama ada tetapi sebelumnya sering terhalang oleh kurangnya dana. Anggaran pertahanan 2019 negara itu, yang diumumkan pada awal Juni, menguraikan pengeluaran militer sebesar THB227.67 miliar (USD7,1 miliar). Dokumen resmi menunjukkan pengeluaran meningkat THB9,16 miliar atau 4,2% dari pembelanjaan pertahanan aktual pada tahun 2018. (Angga Saja - TSM)
Sumber :  janes.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak