Eurosatory 2018: Hulu Ledak Gelombang Elektromagnetik ditawarkan untuk Kalahkan APS

Ilustrasi
Ilustrasi 

Maraknya penggunaan active protection systems (APS) pada kendaraan lapis baja adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi di medan perang saat ini, dengan teknologi yang secara efektif menetralisir ancaman banyak rudal anti-tank.
Sekarang, pihak industri sedang mencari cara bagaimana kembali meraih keunggulan dengan teknologi rudal anti-tank, termasuk sistem yang memanfaatkan hulu ledak elektromagnetik (electromagnetic pulse - EMP), yang dapat melumpuhkan sistem elektronik kendaraan dan membuat APS tidak berguna.
Salah satu perusahaan yang bekerja pada konsep seperti itu adalah TDW yang bertempat di Jerman, anak perusahaan dari MBDA yang merupakan pusat rudal Eropa, yang melanjutkan pengembangan hulu ledak EMP yang dirancang untuk memacetkan dan melemahkan tank musuh yang terintegrasi dengan APS.
Titik lemah potensial bagi APS adalah ketergantungannya pada jaringan sensor untuk mendeteksi dan mengalahkan rudal yang datang, yang rentan terhadap serangan dan gangguan elektronik. Solusi TDW adalah sebuah rudal all-in-one yang dirancang untuk pertama-tama menonaktifkan sensor dan elektronik dengan gelombang EM, kemudian ikuti dengan hulu ledak penghancur tank tradisional.
Hulu ledak EMP dapat diintegrasikan ke rudal yang berukuran berbeda-beda dan menggunakan sistem unik yang menampilkan antena, sumber HF dan kapasitor.
Fitur utama dari hulu ledak ini adalah generator kompresi fluks yang mengubah energi ledakan tinggi menjadi gelombang EM bertenaga tinggi.
Menurut juru bicara TDW prototipe awal dari sistem ini telah dikembangkan dan telah diuji tembak.
Meskipun telah mendapatkan minat yang signifikan akan teknologi ini, perusahaan masih mencari pelanggan awal yang akan memungkinkan hulu ledak untuk sepenuhnya dikembangkan dan dikualifikasi.
"Kami memiliki beberapa prototipe dan kami telah melakukan beberapa pengujian ... ada beberapa langkah lagi yang perlu kami ambil sebelum kami memiliki sistem hulu ledak EMP yang memenuhi kualifikasi," kata juru bicara perusahaan. "Pengembangan lebih lanjut hulu ledak tersebut tergantung pada pelanggan."
"Saat ini proyek tersebut merupakan pengembangan yang didanai perusahaan ... yang dapat mendorong pengembangan ke tingkat tertentu dan kemudian pengembangan terakhir dibuat untuk memenuhi persyaratan khusus pelanggan."
Sementara hulu ledak tersebut sedang dipasarkan oleh TDW di seluruh dunia, ada minat khusus dari negara-negara Eropa yang memperhatikan perkembangan teknologi APS yang terintegrasi pada armada MBT baru Rusia. (Angga Saja - TSM)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak