Eurosatory 2018: Mercedes-Benz Tampilkan Rantis Serbaguna MRV 6.2

Rantis Serbaguna MRV 6.2
Rantis Serbaguna MRV 6.2 

Dalam perhelatan pameran pertahanan Eurosatory 2018 di Paris, Perancis, Mercedes-Benz kembali menampilkan kendaraan taktis (rantis) serbaguna MRV 6.2. Kendaraan ini dikembangkan berdasar rantis LAPV 6.1 (Light Armored Patrol Vehicle) yang pernah tampil di ajang yang sama dua tahun silam. Dinyatakan saat pameran, MRV 6.2 telah siap masuk jalur produksi.
Seperti halnya LAPV 6.1, rantis MRV 6.2 juga didasarkan pada sasis dan komponen dari kendaraan jenis SUV keluarga G-Class seri 461 yang pertama kali diproduksi tahun 1990. Rantis baru tetap mempertahankan mesin standar G300CDI V-6 OM642DE30LA berdaya 185 hp dengan torsi 400 Nm dipadukan dengan gearbox otomatis W5A lima percepatan dan transfer case VG 150E-3W dua percepatan.
Untuk mampu beradaptasi di medan paling ekstrem, sasis MRV 6.2 telah diperkuat dan diperpanjang (long wheelbase). Rantis ini dilengkapi portal axle CTIS dengan sistem suspensi ditingkatkan mengadopsi twin spring & shock-absorber di setiap stasiun rodanya. Untuk velg (pelek) menggunakan ukuran 18 inci dan ban ukuran besar R 305/8. Alhasil ground clearance mencapi 41 cm.
MRV 6.2 bisa diawaki hingga enam prajurit, tampil dengan ‘telanjang dada’ alias kabin terbuka untuk menekan bobotnya. Berat kotor kendaraan mencapi 6,2 ton dengan muatan tergantung konfigurasi sekira 3 ton. Berbagai persenjataan bisa dibawa seperti senapan mesin kaliber 12,7 mm, pelontar granat otomatis (AGL) atau rudal antitank serta peluncur granat asap untuk perlindungan diri.
Perlengkapan pendukung yang bisa dibawa MRV 6.2 adalah perangkat radio VHF/UHF, telepon satelit, C-IED jammer, sistem pengintaian serta sistem interkom berbasis IP. Di antara perangkat yang ditawarkan adalah radio garapan Rohde & Schwarz dan TVS (tactical vehicle switch) buatan RUAG.
Sesuai dengan namanya MRV (Multi Role Vehicle), dirancang sebagai wahana dengan mobilitas tinggi yang dapat melakukan beragam misi militer seperti menjadi kendaraan pos komando, kendaraan pengintai, kendaraan serbu, kendaraan patroli perbatasan, hingga kendaraan evakuasi korban perang.
Bagi Mercedes-Benz selain keluarga truk Unimog, seri G-Wagen (kependekan dari Geländewagen, kendaraan lintas medan) juga termasuk kendaraan legendaris yang tak lekang oleh waktu. Kendaraan ini lahir pada awal 1970-an atas ide Shah Iran yang kala itu sebagai salah satu pemegang saham Mercedes-Benz.
Pada masa awal pengembangannya, Mercedes-Benz mengikat kerja sama dengan Magna Steyr (dahulu bernama Steyr-Daimler-Puch) dari Austria. Versi produksi pertama yang dikenal sebagai G-Wagen meluncur tahun 1972.
Kemudian, varian penyempurnaan yang dijual untuk sipil diperkenalkan sebagai G-Class hadir tahun 1979 dan terus diproduksi dengan berbagai seri hingga saat ini. (RBS)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak