Eurosatory 2018: Rafael Perkenalkan Sistem Pertahanan Udara Mobile I-Dome

Sistem Pertahanan Udara Mobile I-Dome
Sistem Pertahanan Udara Mobile I-Dome 

Pada pameran pertahanan Eurosatory 2018 di Paris, perusahaan Rafael memperkenalkan I-Dome, versi mobile dari Iron Dome yang telah operasional dan combat-proven, sistem pertahanan udara udara segala-cuaca yang dirancang untuk mengintersep dan menghancurkan roket dan peluru artileri jarak pendek yang ditembakkan dari jarak 4 kilometer hingga 70 kilometer.
I-Dome adalah sistem Very Short Range Air Defence (VSHORAD) and Counter Rocket, Artillery and Mortar (C-RAM) yang sangat mobile. I-Dome memberikan perlindungan bagi pasukan bermotor atau mekanis, serta pertahanan udara titik bagi instalasi militer/industri/administratif. I-Dome secara efektif melindungi terhadap pesawat terbang, helikopter dan UAV serta roket jarak pendek hingga menengah, mortir dan peluru artileri.
I-Dome adalah sistem yang terintegrasi, dengan semua komponen sistem terpasang pada satu truk tunggal. I-Dome terdiri dari peluncur pada chassis kendaraan beroda (sasis truk 6x6) dengan 10 rudal interseptor Iron Dome, radar dan stasiun operasi Battle Management & Weapon Control (BMC). Rudal interseptor ditempatkan dalam kanister tertutup yang siap diluncurkan. Rudal disusun menjadi dua kelompok lima tabung di turret. Interseptor ini sudah combat-proven dengan lebih dari 1.700 intersepsi dengan probability of kill yang terbukti lebih dari 90%.
I-Dome efektif dalam segala kondisi cuaca, termasuk cuaca berawan, hujan, badai debu atau kabut. Sistem pertahanan udara I-Dome memiliki waktu reaksi hanya beberapa detik. Sistem ini dapat melacak dan menghancurkan beberapa sasaran secara bersamaan.
Sistem ini memberikan pertahanan yang kuat, namun selektif. Ia mempunyai kemampuan untuk membedakan antara ancaman menuju kawasan yang dilindungi dan yang tidak menimbulkan bahaya, sehingga dapat mengurangi biaya dan membatasi peluncuran rudal interseptor yang tidak perlu.
Sistem I-Dome dapat berfungsi sebagai sistem yang berdiri sendiri (stand-alone) atau sebagai lapisan pertahanan udara tambahan dan aset defensif bagi sistem pertahanan udara yang lebih tinggi tingkatannya seperti sistem pertahanan udara SPYDER. (Angga Saja - TSM)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak