HMS Talent (S92), Kapal Selam Nuklir Inggris Kembali Bersiap Melaut

HMS Talent (S92)
HMS Talent (S92) 

Kapal selam nuklir Inggris kelas Trafalgar yaitu HMS Talent (S92) telah menyelesaikan serangkaian perbaikan dan bersiap kembali melaut. Setelah ini, selama beberapa minggu ke depan, HMS Talent akan menjalani latihan sebelum bergabung dengan armada operasinya.
HMS Talent terakhir melaut pada Januari 2014 setelah mengalami kerusakan pada bagian anjungan akibat menabrak bongkahan es di permukaan laut sewaktu mengejar kapal Rusia. Kapal selam nuklir keenam dari tujuh kapal selam kelas Trafalgar ini selanjutnya menjalani perbaikan dan peremajaan di HM Naval Base Devonport, Plymouth, Inggris.
Selesainya proses perbaikan tersebut dirayakan para awaknya dengan penuh suka cita minggu ini. Mereka pun kembali bersiap untuk melaksanakan pelayaran latihan materi latihan tempur.
Komandan HMS Talent Letkol Jamie Mithcell menyatakan, perbaikan dan perawatan kapal selam HMS Talent melibatkan departemen teknik di mana mereka bekerja keras demi kembalinya kapal selam tersebut melaut.
Tidak hanya perbaikan, HMS Talent juga sekaligus menjalani proses overhaul dan peningkatan kemampuan oleh tim Babcock sehingga layak digunakan dan menjadi kapal selam andalan hingga beberapa dekade ke depan.
Selagi menunggu kapal selam selesai menjalani perbaikan, para kru HMS Talent menjalani pelatihan di simulator tim komando kapal selam ‘Talisman’ di Devonport.
Pelatihan di simulator dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan para kru dalam mengoperasikan kapal selam pada kondisi tersulit sekalipun. Mereka juga dilatih bagaimana meluncurkan rudal Tomahawk dan torpedo Spearfish di wilayah laut yang sibuk.
HMS Talent (S92) dibangun sejak 1983 dan mulai berdinas di jajaran AL Inggris pada 10 Mei 1990. Kapal dengan panjang 85,4 meter, beam 9,8 meter, dan draught 9,5 meter ini dapat menampung 130 personel.
Tujuh kapal selam nuklir kelas Trafalgar milik AL Inggris adalah HMS Trafalgar (S10), HMS Turbulent (S87), HMS Tireless (S88), HMS Torbay (S90), HMS Trentchant (S91), HMS Talent (S92), dan HMS Triumph (S93). (Roni Sontani)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak