Intip Mobil Komando Pengendalian Bergerak Terbaru Presiden Donald Trump

MCV (Mobile Command Vehicle)
MCV (Mobile Command Vehicle)

Berawal dari unggahan foto di twitter dari akun wartawan Gedung Putih pada 20 Juni, tampaklah sebuah mobil truk Ford F350 Super Duty yang telah domodifikasi menjadi mobil khusus. Sangat mungkin mobil tersebut adalah mobil komando dan pengendalian (kodal) yang dalam istilah lain disebut MCV (mobile command vehicle - kendaraan komando bergerak).
Pasukan Pengawal Presiden AS, Secret Service, memberi istilah ‘Roadrunner’ bagi kendaraan Gedung Putih yang mengemban fungsi kodal jalanan dalam iring-iringan kendaraan POTUS (President of the United States).
Dari gambar yang diunggah Todd Gillman dan Steve Herman tersebut, tampak mobil baru dalam jajaran Presidential Motorcade itu memiliki gelembung (kubah mini) hitam di atas atapnya.
Melalui penelurusan oleh pihak-pihak yang menaruh perhatian, didapat informasi bahwa mobil tersebut serupa dengan yang dibuat oleh The Armoured Group, LLC (TAG). Ditelurusi ke laman resminya, di sana terpampang penjelasan mengenai MCV lengkap dengan foto dan denah ruang pada mobil ini. Dari gambar terlihat kalau MCV hanya berkapasitas tiga orang saja.
TAG mendeskripsikan, MCV dibuat dari platform truk Ford Super Duty 4X4. Kendaraan ini dimodifikasi agar dapat membawa muatan secara maksimal dalam tampilan mobil SUV enam pintu yang elegan. MCV dilengkapi lima bilah antena yang terintegrasi dengan rangka mobil serta terhubung dengan sebuah sistem komunikasi omni-directional berbasis satelit.
MCV didesain dapat memblokir dan memroses semua alur data komunikasi melalui sistem jaringan nampan kabel. Sementara dinding kendaraan dilengkapi tujuh lapisan pelindung agar steril dari gangguan emisi elektronik eksternal.
Kendaraan ini juga akan memiliki sertifikasi kelayakan udara (air worthiness certification) 4G dan dapat dimobilisasi ke seluruh penjuru dunia menggunakan trailer tertutup atau pesawat kargo.
Tyler Rogoway dalam The Drive menjelaskan, ‘Roadrunner’ merupakan salah satu mobil paling misterius sekaligus juga paling mencolok dari iring-iringan (motorcade) mobil Kerpresidenan AS.
Selain menjadi mobil kodal bagi iring-iringan mobil presiden, sistem komunikasi pada MCV menjamin komunikasi Presiden AS dan Gedung Putih tetap terhubung dengan Pentagon maupun instansi-instansi penting AS lainnya serta dunia.
Bahkan melalui sistem jaringan MCV yang terjamin keamannnya ini, Presiden AS tetap bisa melaksanakan perintah peluncuran senjata nuklir. (Roni Sontani)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak