MBT Leopard 2A6 dan IFV Marder Brigade Demonstrasi Lapis Baja ke-9 AD Jerman (Bundeswehr) Jadi Inti Pasukan NATO

MBT Leopard 2A6
MBT Leopard 2A6 

Panzerlehrbrigade 9 (9th Armour Demonstration Brigade) Bundeswehr atau Brigade Demonstrasi Lapis Baja ke-9 Angkatan Darat (AD) Jerman ditunjuk sebagai komponen inti Satuan Tugas Darat Kesiapan Sangat Tinggi (Very High Readiness Joint Task Force Land/VJTFL) dari Pasukan Reaksi NATO (NATO Response Force/NRF). MBT Leopard 2A6 dan IFV Marder brigade ini pun mengaum keras di Kota Schnöggersburg.
Penunjukan (sertifikasi) tersebut diberikan kepada Panzerlehrbrigade 9 Bundeswehr selama berlangsungnya latihan gabungan bersama Belanda dan Norwegia pada tanggal 9 dan 19 Juni lalu di sebuah pusat latihan tempur yang berlokasi di Altmark, Jerman.
Latihan tersebut melibatkan total sekitar 1.700 pasukan dari tiga negara dan mengerahkan lebih dari 80 ranpur lapis baja (armoured fighting vehicle/AFV).
Inti satgas yang berjumlah lebih dari 8.000 kekuatan ini berasal dari Panzerlehrbataillon 93 (93rd Armour Demonstration Battalion) atau Batalyon Demonstrasi Lapis Baja ke-93 Panzerlehrbrigade 9.
Komposisi lain yang mengisi ini kekuatan inti tersebut berasal dari lima batalyon AD Jerman (termasuk pasukan medis), Batalyon Infanteri Lapis Baja ke-45 AD Kerajaan Belanda dan Batalyon Telemark AD Norwegia.
Kendaraan lapis baja yang turun ke gelanggang latihan adalah tank tempur utama (main battle tank/MBT) Leopard 2A6 dan ranpur infanteri (infanteri fighting vehicle/IFV) milik AD Jerman, Leopard 2A4 dan IFV CV9030 AD Norwegia serta IFV CV9030 AD Belanda.
Latihan kali ini termasuk melaksanakan sesi latihan serangan cepat di Kota Schnöggersburg yang disiapkan oleh MBT dan pasukan infantry lapis baja Belanda, dengan pasukan infanteri lapis baja Jerman dan ranpur infanteri ringan Norwegia yang terlibat simulasi pertempuran dari rumah ke rumah.
Satgas reaksi cepat NATO ini akan mendemonstrasikan mobilitas lintas batas mereka dalam Latihan ‘Trident Juncture 18’ NATO di Norwegia pada Oktober-November mendatang sebagai lanjutan dari seri latihan di Jerman bulan ini. (Ery)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak