Perusahaan Perancis Arquus Defense Mobility Systems, Rilis Kendaraan Pasukan Khusus Bernama Areg

Areg
Areg 

Di bawah logo dan nama baru Arquus Defense Mobility Systems menggantikan nama lama RTD (Renault Trucks Defense) yang baru diresmikan pada 24 Mei 2018, perusahaan pertahanan asal Perancis ini merilis produk baru kendaraan taktis (rantis) untuk pasukan khusus bernama Areg.
Ransus (kendaraan khusus) ini dirancang untuk memenuhi misi yang kompleks sebagai wahana pengawasan, pengintai, dan peran patroli jangka panjang Pasukan Khusus Perancis. Kendaraan ini akan menggantikan peran armada lama yakni Panhard P4 PATSAS dan Acmat VLRA 1 yang keduanya juga mengadopsi desain tanpa atap untuk menekan bobot kendaraan.
Dengan berat GVW (gross vehicle weight) hanya 4,2 ton, Arquus Areg bisa secara cepat, lincah, dan senyap meluncur hingga di luar garis depan musuh. Dia mampu beroperasi dalam kondisi medan yang paling ekstrem sekalipun. Kendaraan ini dapat menampung empat awak di kursi pelemah ledakan (blast attenuating seat).
Sebagai penggebuk, di luar senapan serbu yang dibawa para awaknya, Areg dilengkapi senapan mesin berat kaliber 12,7 mm yang dipasang di dudukan cincin menempel di rangka pipa atap (rollcage). Kemudian ada senapan mesin kaliber 7,62 mm terpasang di lengan artikulasi yang dioperasikan oleh komandan di posisi kanan sebelah sopir.
Program pengembangan Arquus Areg telah dimulai sejak tahun 2015. Kala itu pada 30 Desember, DGA (Directorate General of Armaments) Perancis memberikan kontrak ke RTD untuk menyuplai 241 kendaraan versi LSFV (Light Special Forces Vehicle) dan 202 kendaraan HSFV (Heavy Special Forces Vehicle).
Pasukan Khusus Perancis (FASFB – French Army Special Forces Brigade) membutuhkan kendaraan HSFV dan LSFV ini untuk digunakan dalam operasi menghadapi aksi pemberontakan secara global seperti ISIS di Iraq dan Suriah atau kelompok pemberontak yang bercokol di Republik Demokratik Kongo.
Purwarupa rantis LSFV atau dalam bahasa Perancis disebut sebagai VLFS (Véhicule léger Forces Spéciales) pertama kali muncul di hadapan publik pada pameran & seminar SOFIN (Special Operations Forces Innovation Network Seminar Exhibition) di Bordeaux, Prancis, Maret 2015.
Selanjutnya LSFV versi produksi yang kini menyandang nama resmi Arquus Areg tersebut akan ditampilkan dalam pameran pertahanan internasional Eurosatory 2018, Juli mendatang di Paris, Perancis.
Sementara versi HSFV atau dalam bahasa Perancis disebut PLFS (Poids Lourd Forces Spéciales) yang berbasis Renault Sherpa 4×4 telah mulai diserahkan sejak Januari 2017 silam. (Rangga Baswara)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak