Prajurit Kostrad Dilatih Menembak Runduk dengan Steyr SSG-69

Latihan Menembak Runduk dengan Steyr SSG-69
Latihan Menembak Runduk dengan Steyr SSG-69 

Selusin prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad digodog kemampuannya. Mereka dilatihkan menembak sniper (runduk) selama tiga hari di lapangan tembak Ambal, Kebumen, Jawa Tengah.
Latihan menembak runduk ini dipimpin langsung Komandan Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Letkol Inf Widi Rahman.
“Pada pelaksanaan latihan ini telah direncanakan sedemikian rupa sehingga sasaran latihan ini dapat meningkatkan kemampuan para prajurit bagi para penembak runduk,” ujar Widi dalam rilis yang Angkasa Review terima, Rabu (30/5/2018).
Sebelum praktik langsung, para peserta dibekali materi teoritis tentang cara membuat kamuflase atau penyamaran, observasi medan serta teknik mengeksekusi sasaran.
Keduabelas prajurit dilatihkan agar kamuflase mereka tidak terdeteksi oleh pengelihatan musuh saat melaksanakan tugas observasi medan dan sasaran. Mereka juga arahkan untuk melumpuhkan musuh hanya bila diperlukan.
Kemudian para peserta menjalani praktik langsung latihan menembak runduk di lapangan. Mereka secara bergilir diberikan kesempatan untuk mencoba dan mempraktekkan teknik maupun taktik sebagai penembak runduk.
Dalam latihan yang yang digelar pada 23 hingga 25 Mei ini, mereka menggunakan senapan runduk yang juga menjadi senapan runduk standar Angkatan Austrian Army (AD Austria). Lettu Inf Antonio Manik sebagai Komandan Latihannya.
SSG-69 merupakan akronim dari ‘Scharfschützengewehr 69’ atau yang dalam bahasa Inggris berarti ‘Sniper Rifle 69’, merupakan senapan runduk besutan pabrik senjata kawakan asal Austria, Steyr Mannlicher. Angka 69 merupakan kode tahun produksi senapan ini.
Senapan dengan sistem bolt Action ini menggunakan munisi kaliber 7,62 x 51mm. Dengan bobot 6,82 kg, senapan ini memiliki panjang laras 650 mm yang di tambah dengan teleskop.
“Dalam pertempuran, penembak runduk memegang peran penting untuk bisa melumpuhkan lawan dari jarak jauh. Biasanya para penembak runduk ini juga menjalankan penugasan khusus seperti pengamanan VIP dan VVIP,” tandasnya. (Ery)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak