SIG516 Patrol, Pilihan Berkualitas Tinggi di Kaliber 5,56mm dari SIG Sauer

SIG516 Patrol
SIG516 Patrol 

Adopsi quad rail handguard dan popor jenis telescopic buttstock pada senapan serbu tengah menjadi tren saat ini. Menawarkan fleksibilitas dalam pemasangan beragam aksesoris serta kelengkapan, adalah kemudahan yang ditawarkan dari konsep quad rail handguard. Dan kini dipasaran beberapa manufaktur telah mencomot model tersebut, sebut saja Heckler&Koch, SIG Sauer dan dari dalam negeri Komodo Armament bahkan telah merilis model senapan serbu kaliber 5,56 x 45 mm yang mengusung kombinasi desain quad rail handguard dan popor telescopic buttstock.
Ddiantara jenis-jenis senapan serbu yang telah diulas, SIG Sauer SIG516 Patrol terlewat untuk dibahas, padahal senapan serbu dengan model receiver khas AR15/M-16 ini sudah digunakan Infanteri Korps Marinir dan pasukan Brimob Polri. Dari segi desain, karena mengacu pada konsep rail handguard dan popor telescopic buttstock menjadikan SIG516 Patrol agak sulit untuk dibedakan dengan senapan serbu sejenis, terlebih beragam bagian seperti laras dapat digonta-ganti.
Namun secara default, SIG516 Patrol menggunakan laras panjang ukuran 16 inchi (406 mm). Senapan serbu semi otomatis ini beroperasi tak beda dengan sejawadnya senapan serbu di kaliber 5,56 mm, yakni pola gas piston. Karena mengacu pada standar Colt AR15 dan M16, maka mulai dari jenis munisi dan magasin, kompatibel dengan senapan serbu yang sudah lebih senior tersebut.
SIG516 Patrol punya jarak tembak efektif 400 meter, dimana material larasnya dibuat dari bahan carboon steel (hammer forged). Sementara material utama dibentuk dari bahan alloy dengan balutan Hard Coat Anodized. Bobot senjata ini tanpa magasin adalah 3,4 kg. Untuk pilihan magasin, dalam situs sigsauer.com, disebut ada beberapa opsi, mulai dari magasin standar dengan alumunium dan magasin translucent (transparan), keduanya untuk magasin 30 peluru, ada juga magasin metal untuk 10 peluru.
Model quad rail handguard mengedepakan keunggulan picatinny rail, yang memudahkan bagi penembak untuk memasang beragam alat bidik optik, dan tentunya fleksibilitas untuk menyesuaikan posisi (dudukan) teleskop. Posisi picatinny rail tak hanya ada di atas laras, tapi ada di sisi kanan di kiri pegangan tangan, kondisi ini berguna untuk pemasangan aksesoris seperti senter atau alat penjejak sasaran.
Sementara Cover laras (handguard) dibuat dengan beberapa rongga terbuka, menjadikan proses penguraian panas pada laras bisa lebih cepat saat mode penembakan full otomatis. Secara keseluruhan, SIG516 Patrol punya panjang 927 mm, lebar 76 mm dan tinggi 197 mm. Meski tak dijual bebas, harga per unit SIG516 Patrol dibandrol US$1.888. (Gilang Perdana)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak