Swedia Beli Sistem Rudal Pertahanan Udara Patriot AS

Sistem Rudal Pertahanan Udara Patriot
Sistem Rudal Pertahanan Udara Patriot  

Swedia akan menandatangani kesepakatan dalam beberapa minggu ke depan untuk membeli sistem rudal pertahanan udara Patriot buatan Amerika dari Perusahaan AS Raytheon. Kontrak itu kemungkinan akan mencapai nilai 10 miliar crown ($ 1,13 miliar) dan merupakan pembelian militer terbesar angkatan bersenjata Swedia sejak 2013.
Sejak parlemen Swedia membuat keputusan kerangka pertahanan 2015, Angkatan Bersenjata Swedia (SWAF) dan Badan Material Pertahanan Swedia (FMV) telah mengevaluasi beragam sistem yang berbeda untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udara Swedia dengan sistem rudal permukaan-ke-udara jarak menengah. Pada bulan November 2017, pemerintah Swedia telah memberikan persetujuan kepada FMV untuk memulai negosiasi terkait pengadaan sistem Patriot AS.
Menurut Joakim Lewin, kepala Kantor Desain Angkatan Darat di Badan Material Pertahanan Swedia (FMV), Swedia telah melakukan negosiasi dengan AS tentang Patriot dan sekarang akan meminta izin pemerintah Swedia untuk menandatangani kontrak. Kesepakatan Patriot mencakup empat unit penembak, suku cadang, pelatihan dan jumlah rudal yang tidak diungkapkan.
Dalam opsi, Swedia juga dapat membeli 300 rudal tambahan, dalam hal ini kontrak akhir akan menjadi senilai sekitar $ 3 miliar, kata Joakim Lewin.
Perusahaan AS Raytheon telah membangun lebih dari 220 unit penembak Patriot dan mengirimnya ke pelanggan di 15 negara termasuk Belanda, Jerman, Jepang, Israel, Arab Saudi, Kuwait, Yordania, Taiwan, Yunani, Spanyol, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Qatar dan Amerika Serikat. Banyak dari negara-negara tersebut telah memilih untuk memanfaatkan arsitektur fleksibel Patriot dan meningkatkan sistem mereka.
Pemerintah Rumania menandatangani pada 29 November 2017, perjanjian untuk membeli tujuh unit Patriot Configuration 3+, lengkap dengan radar, stasiun kontrol, antena, stasiun peluncuran dan pembangkit listrik. Pada bulan November 2017, Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan $ 10,5 miliar dari empat sistem pertahanan rudal Patriot ke Polandia.
Patriot MIM-104 adalah sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM), yang digunakan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat dan beberapa negara sekutunya. Patriot menggunakan rudal interceptor canggih dan sistem radar berkinerja tinggi. Generasi terbaru peluncur Patriot menggunakan rudal PAC-3 yang diproduksi oleh Perusahaan Lockheed Martin. Rudal PAC-3 adalah interceptor berkecepatan tinggi yang menghancurkan sasaran yang datang impact langsung, body-to-body. PAC-3 dapat digunakan untuk mencegat rudal balistik dengan jangkauan dari 15 hingga 20 km. (Angga Saja - TSM)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak