Tak Mau Kalah dengan Rusia, Jet Serang Darat A-10 Lepas Landas dari Landasan Kasar, Dekat Rusia

A-10 Thunderbolt II
A-10 Thunderbolt II 

Diberitakan The Aviationist (22/6), Angkatan udara AS melaksanakan latihan lepas landas dan mendarat dari jalanan kasar dengan menggunakan A-10 Thunderbolt II alias Warthog. AS nampaknya ingin menyaingi reputasi Rusia sebagai negara yang mampu membuat pesawat yang bandel dan bisa lepas landas dari mana saja.
8 A-10C dari 107th Fighter Squadron yang berpangkalan di Selfridge ANGB Michigan diberangkatkan ke Pangkalan Udara Lielvarde di Latvia untuk ambil bagian dalam Exercise Saber Strike 18. Latihan ini menyiapkan NATO menghadapi agresi Rusia.
A-10C melaksanakan operasi lepas landas dari jalan raya Jagala-Karavete yang merupakan jalan raya terpencil di Estonia Utara, membuktikan keandalan A-10 yang tak membutuhkan banyak dukungan untuk beroperasi dan segera melaksanakan serangan udara yang jadi kemampuan asasinya.
Selain di jalan raya, A-10C juga melaksanakan latihan lepas landas dari landas pacu yang berada di Haapsalu, Estonia, salah satu eks pangkalan Pakta Warsawa yang sudah tak lagi digunakan sehingga landasannya sudah tertutupi rumput. (Aryo Nugroho)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak