Turki Siap Produksi UCAV Akinci yang Mampu Membawa Senjata Mematikan

UCAV Akinci
UCAV Akinci  

Turki berniat memiliki persenjataan terunggul sehingga kekuatan militernya makin berpengaruh di kawasan Timur Tengah dan Eropa.
Hingga kini Turki memang masih membeli persenjataan dari luar negeri seperti jet tempur siluman F-35 Lightning II dari AS dan rudal S-400 dari Rusia.
Industri pertahanan dalam negeri Turki sebenarnya sudah sangat maju untuk memproduksi aneka persenjataan sendiri.
Pihak AS bahkan telah mempercayakan Turki untuk memproduksi jet tempur F-16 secara lisensi.
Dengan kemampuan memproduksi jet tempur F-16 secara lisensi dari AS itu, Turki merupakan pemilik jet tempur F-16 paling banyak di Eropa dan Timur Tengah dengan jumlah mencapai sekitar 245 unit.
Pengalaman Turki dalam memproduksi jet tempur F-16 itu tidak disia-siakan, karena negara yang berada di Selat Bosporus ini juga telah berusaha merancang pesawat tempur dan memproduksi pesawat latih sendiri.
Pesawat latih buatan Turki yang saat ini dioperasikan untuk melatih para calon pilot-pilot tempur Turki adalah Hürkuş (Free Bird).
Dalam operasionalnya, pesawat Hürkuş tidak hanya berfungsi sebagai pesawat latih terbang tapi juga bisa untuk misi tempur anti-gerilya (Counter Insurgency/CoIN).
Turki yang dalam perkembangan terkini hubungannya dengan AS makin merenggang terkait karena AS begitu melindungi Israel, kini diberitakan Turki juga memproduksi pesawat tanpa awak bersenjata (UCAV) yang sangat mematikan.
Pesawat UAV bersenjata yang dinamai Akinci dan diproduksi oleh industri pertahanan Baykar Makina itu memiliki berat 4,5 ton, sayapnya bisa membawa senjata seperti bom dan rudal dengan berat total mencapai 900 kg.
Sedangkan badannya (fuse lage) Akinci masih bisa membawa senjata seberat 450 kg.
Sebagai pesawat UCAV penuh senjata yang bisa terbang tinggi hingga lebih 12 km dan mampu menempuh jarak ribuan km, Akinci dijagokan oleh Turki menjadi senjata paling mematikan.
Turki yang dalam perkembangan terkini (2018) bahkan sudah memutuskan untuk membeli rudal-rudal S-400 memang sedang sangat geram dengan Israel.
Pasalnya AU Israel telah menggunakan jet-jet tempur F-35i Adir untuk menyerang sasaran tak berdaya di kawasan Lebanon dan Palestina.
Dengan kemampuan memproduksi UCAV Akinci yang penuh senjata mematikan itu maka Turki kini menjadi negara dikawasan Timur Tengah dan Eropa yang patut diperhitungkan secara militer yang sewaktu-waktu bisa saja berkonfrontasi dengan Israel dikemudian hari. (Agustinus Winardi)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak