Turki Sudah Menerima Undangan Serah Terima F-35 dari Lockheed Martin

F-35A Lightning II
F-35A Lightning II 

Otoritas Turki sudah menerima undangan untuk upacara serah terima pesawat F-35A Lightning II dari pabrik pembuat pesawat itu, Lockheed Martin. Upacara penyerahan jet tempur generasi kelima ini akan dilaksanakan pada 21 Juni di Fort Worth, Texas, Amerika Serikat. Harian Hürriyet melaporkan sebagaimana dilansir Daily Sabah, Senin (4/6).
Dijelaskan, undangan itu bertuliskan, “Lockheed Martin akan berbahagia untuk melihat Anda hadir bersama kami pada upacara serah terima pesawat F-35 Republik Turki di Fort Worth pada 21 Juni.”
“Serah terima pesawat pertama akan dilaksanakans setelah acara resepsi selesai pada 21 Juni,” tambah keterangan dalam undangan tersebut.
Pemerintah Turki menjadwalkan, F-35A akan masuk jajaran dinas Türk Hava Kuvvetleri (AU Turki) pada November 2019 setelah melewati masa pelatihan pilot. Turki berencana membeli 100 F-35 dari Lockheed Martin. Sebanyak 14 batch pertama telah dibeli oleh negeri itu.
Kepastian jadi tidaknya penyerahan F-35 dari Lockheed Martin kepada Turki mengemuka dan menjadi spekulasi setelah senator Paman Sam dari Partai Demokrat Jeanne Shaheen dan senator dari Partai Republik Thom Tillis menyerukan pembatalan penjulan F-35 kepada Turki.
Pemerintah Turki dinilai keduanya telah melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hak asasi manusia (HAM).
Selain itu, rencana pembelian sistem pertahanan udara S-400 Triumf oleh Ankara dari Moskow dinilai telah melanggar kesepakatan Turki sebagai anggota NATO dan melanggar Undang-undang Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA) yang ditandatangani Presiden Donald Trump pada Agustus 2017. (Ron)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak