C-30J Super Hercules AU Inggris (RAF) Alami Kecelakaan Saat Angkut Pasukan Elit SAS

C-30J Super Hercules AU Inggris (RAF)
C-30J Super Hercules AU Inggris (RAF)  

Dailystar (2/7) memberitakan bahwa satu unit pesawat angkut C-130J Super Hercules milik Angkatan Udara Inggris mengalami kecelakaan di pangkalan udara Erbil, Irak, saat mengangkut anggota pasukan khusus Inggris, 22nd SAS (Special Air Service).
Pesawat dengan callsign Jezebel dari 47 (Special Forces) Sqn itu sedang melakukan penjemputan pasukan SAS yang selesai bertugas di Irak dan Suriah. C-130J itu mendarat di pangkalan terpencil di gurun Suriah pada untuk menjemput SAS dan pasukan khusus AS setelah melakukan serangan ke arah kota Raqqa.
C-130J Jezebel yang melakukan penjemputan tersebut harus mengangkut lebih dari 100 orang personil, plus dua kendaraan taktis, sehingga nampaknya mengalami overweight atau kelebihan beban yang parah, mengingat kapasitas angkut varian J hanya 88 orang saja.
Ketika C-130J itu berupaya lepas landas, ban pesawat nampaknya pecah saat berupaya lepas landas, sehingga pesawat gagal mengudara, dan terseret di sepanjang gurun. Untungnya pilot bisa menguasai pesawat sampai kemudian berhenti, namun pesawat mengalami rusak parah dan tak bisa diterbangkan lagi. Penumpangnya shock, tapi semuanya selamat dan dijemput pesawat lain.(Aryo Nugroho)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak