Korea Selatan, Mitra Strategis Indonesia Dalam Pengembangan Alutsista

Nagapasa Class
Nagapasa Class 

Indonesia termasuk negara yang membeli persenjataan produksi Korea Selatan dalam jumlah besar sehingga hubungan kedua negara untuk memproduksi persenjataan secara kerja sama juga terjalin makin erat.
Persenjataan produksi Korsel yang telah dibeli oleh Indonesia antara lain kapal perang jenis LPD untuk mendaratkan pasukan dan tank, kapal selam Nagapasa Class tipe U-209/1300, jet latih tempur T-50i Golden Eagle, puluhan jip KIA seri KM 420 untuk Marinir, truk KM 250 2,5 ton, 16 pesawat latih KT-1B Wong Bee, ranpur rantis Baracuda untuk Brimob, panser 6x6 Tarantula, senapan mesin K3, senapan mesin semi otomatis K7, dan lainnya.
Demikian banyak persenjataan Korsel yang dibeli Indonesia, maka sebagai pelanggan potensial, Indonesia juga telah mendapatkan bonus berupa 10 ranpur amfibi LVTP dari rencana 35 unit yang menjadi andalan alutsista bagi Korp Marinir TNI AL.
Ranpur amfibi Korsel itu bahkan sudah beberapa kali digunakan marinir dalam atraksi untuk memperingati HUT TNI dengan cara melompat dari daratan menuju lautan atau lebih terkenal dengan julukan "stupid crazy".
Uniknya pasukan Korsel justru tidak berani melakukan manuver tempur menggunakan ranpur amfibi LVTP dengan cara melompat dari tebing lalu ‘nyemplung’ ke air laut karena beresiko tinggi bisa tenggelam.
Selain mendapatkan hibah sejumlah ranpur, hingga saat ini Indonesia-Korsel juga terus menggodok program kerja sama pembuatan pesawat tempur generasi 4,5 yakni KFX/IFX.
Pesawat berteknologi ‘setengah siluman’ itu memiliki teknologi yang lebih unggul dibandingkan F-16 Fighting Falcon atau F-15 Eagle tetapi masih berada di bawah teknologi F-35 Lighting II.
Kerja sama melibatkan tim dari ITB, TNI AU, PT DI dan para ahli penerbangan dari Korsel.
Jika produksi jet tempur KFX/IFX bisa terwujud maka selain bisa memproduksi jet tempur sendiri untuk pertama kalinya, Indonesia juga bisa memiliki peluang untuk mengekspornya dikemudian hari. (Agustinus Winardi)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak