TNI AD Perlu Tiru Nigeria, Sanggup Overhaul Helikopter Serang Mi-35 di Dalam Negeri

Helikopter Serang Mi-35 Nigeria
Helikopter Serang Mi-35 Nigeria 

Jane’s (4/7) memberitakan bahwa Angkatan Udara Nigeria telah mampu melakukan perawatan kelas berat atau harwat alias overhaul atas helikopter serang Mi-35P dengan nomor registrasi NAF 531. Hal ini perlu ditiru oleh TNI AD yang selama ini mengirim Mi-35P ke luar negeri bila untuk perawatan besar.
Selesainya overhaul ini dirayakan dengan upacara resmi di markas 115th Special Operations Group (SOG) di Port Harcourt. Mi-35P memegang peranan penting di AU Nigeria karena diandalkan melaksanakan operasi anti gerilya di wilayah Utara melawan ISIS.
Upaya overhaul di dalam negeri itu dilakukan atas perintah Kepala Staf AU Nigeria Marsekal Sadique Abubakar yang menekankan agar proses overhaul dilaksanakan di dalam negeri, walaupun tetap dengan asistensi teknisi Rusia. Maka, pengerjaan pun dimulai pada 27 Februari 2017 hingga hari ini.
Walaupun belum sepenuhnya dilakukan oleh teknisi AU Nigeria, setidaknya overhaul di dalam negeri mengurangi biaya transportasi dan menambah ilmu AU Nigeria sendiri. Bahkan saat ini overhaul Mi-35P kedua dengan nomor seri NAF 530 sudah dimulai. (Aryo Nugroho)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak