Turki Siap Produksi Jet Tempur Siluman TF-X Rancangan Dalam Negeri

Ilustrasi Jet Tempur Siluman TF-X
Ilustrasi Jet Tempur Siluman TF-X  

Turki telah memesan sejumlah pesawat tempur siluman F-35 dari Lockheed Martin AS, bila AU Turki menerima secara keseluruhan (sebanyak 100 unit) F-35 Lightning II maka Turki akan menjadi kekuatan udara yang diperhitungkan di kawasan negara-negara sekitar perbatasan Eropa dan Timur Tengah. Saat ini Turki juga terus menggenjot industri pertahanan dalam negerinya.
Selain memproduksi persenjataan mutakhir seperti tank, kapal laut dan senjata laser yang mampu menembus baja, Turki kini juga sedang gigih menyiapkan pembuatan jet tempur berteknologi siluman secara mandiri, yakni TF-X.
Sebagai jet tempur siluman buatan sendiri TF-X yang akan diproduksi oleh Turkish Aerospace Industries (TAI) dirancang memiliki teknologi canggih tak kalah dengan pesawat siluman F-35 buatan AS.
Para ahli penerbangan Turki yang dilibatkan untuk memproduksi TF-X termasuk para teknisi yang berpengalaman di bidangnya.
Pasalnya insinyur mereka sudah terlibat dalam proyek pembuatan pesawat tempur generasi ke-5 yakni pesawat Joint Strike Fighter (JSF) yang memproduksi F-35, sejumlah negara sekutu AS dilibatkan dalam proses produksinya.
Untuk memproduksi TF-X, Turki memang tidak bekerja secara sendirian ada sejumlah pihak digandengnya.
Turki diketahui memiliki beberapa partner pada industri terkait seperti industri penerbangan Prancis, Dassault Systems yang telah bekerja sama dengan Turki selama 30 tahun.
Upaya Turki untuk memperkuat kekuatan militernya khususnya kekuatan udara memang terbilang penuh ambisi dan luar biasa.
Hingga tahun 2018 TAI perusahaan dirgantara Turki sedikitnya memiliki 2.000 partner yang siap untuk mewujudkan proyek pesawat siluman TF-X.
Namun meski melibatkan banyak partner sebanyak 50% teknologi mutakhir TF-X akan digarap sendiri oleh Turki.
Jika jet tempur generasi kelima TF-X Turki bisa terwujud selain memiliki keunggulan udara di kawasan Eropa dan Timur Tengah kekuatan udara Turki juga makin diperhitungkan di kawasan.
Pasalnya Turki bisa memproduksi jet tempur siluman sebanyak yang diinginkan untuk kepentingan ekspor senjata atau dipakai sendiri.
Sumber  : TSM

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak