AD Prancis Pesan 100 Tank Leclerc XLR yang Dimodernisasi dalam Anggaran Pertahanan 2019-2025

Tank Leclerc XLR
Tank Leclerc XLR  

Menurut rencana baru pemerintah Perancis, belanja pertahanan untuk tahun 2019-2025 akan meningkat hingga mencapai 2 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2025. Perancis akan terus memodernisasi angkatan bersenjatanya dengan pembelian pesawat baru, meng-upgrade tank tempur utama Leclerc dan akan membeli kendaraan tempur lapis baja baru.
Anggaran militer akan meningkat € 1,7 miliar per tahun hingga 2022 dan € 3 miliar per tahun mulai 2023. Total belanja militer selama periode tersebut adalah € 300 miliar. Untuk tahun 2018, jumlahnya adalah € 34,2 miliar (1,82 persen dari PDB), dibandingkan dengan € 32,7 miliar (1,77 persen dari PDB) pada tahun 2017.
Pengadaan kendaraan tempur baru akan mencakup 100 tank tempur utama Leclerc yang dimodernisasi, kendaraan lapis baja multi-peran Griffon 6x6 dan kendaraan lapis baja pengintai Jaguar 6x6.
Tank tempur utama Leclerc saat ini yang digunakan oleh Angkatan Darat Perancis akan diupgrade ke standar XLR sesuai dengan Program Scorpion. Proyek Scorpion bertujuan untuk mengubah peralatan dan jaringan unit operasi utama dari Angkatan Darat Perancis ke tingkat groupement tactique inter-armes (GTIA), atau combined arms tactical group.
The Leclerc Scorpion atau XLR adalah versi modern dari Leclerc Main Battle Tank buatan Prancis (MBT) yang dirancang dan diproduksi oleh Perusahaan Prancis Nexter Systems.
MBT Leclerc Scorpion/XLR akan tetap menggunakan persenjataan yang sama dengan tank Leclerc standar yaitu meriam smoothbore Giat 120 mm kaliber 52 berkode CN 120-26. Senapan mesin 12,7 mm dipasang secara koaksial dengan persenjataan utama. Leclerc Scorpion juga dilengkapi dengan RCWS di bagian atas turret yang dipersenjatai dengan senapan mesin 7,62mm.
Leclerc Scorpion diupgrade dengan paket armor baru yang mencakup armor modular tambahan di bagian hull dan turret. Bagian depan sisi hull dilindungi oleh armor pasif tebal, sedangkan samping bagian belakang dilengkapi dengan slat armor untuk melindungi kompartemen mesin terhadap serangan RPG. Bagian belakang hull juga dilengkapi dengan slat armor. (Angga Saja - TSM)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Radar Acak