Ditawari Patriot PAC 3, AS Berupaya Gagalkan Penjualan Rudal S-400 Rusia ke Turki - Radar Militer

28 Februari 2018

Ditawari Patriot PAC 3, AS Berupaya Gagalkan Penjualan Rudal S-400 Rusia ke Turki

Patriot PAC 3
Patriot PAC 3 

Media Turki Hurriyet (25/2) memberitakan bahwa Pemerintah AS berupaya dengan segala cara untuk membatalkan rencana Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk membeli empat baterai rudal S-400 dari Rusia.
Dikutip dari sumber di dalam Pemerintah AS, Administrasi Presiden Donald Trump menawarkan ganti dari sistem rudal S-400 untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udara Turki, yang dibicarkana dalam kunjungan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson ke Ankara, 15 Februari lalu.
Tawaran yang akan disodorkan oleh AS ke meja perundingan adalah sistem anti rudal dan pesawat Patriot PAC 3 dan sejumlah drone intai yang ingin dibeli oleh Turki di masa lampau, tetapi kemudian diblok oleh Pemerintah AS. Administrasi Presiden Donald Trump sendiri akan meratifikasi sejumlah aturan, termasuk ITAR, agar bisa berjualan senjata lebih leluasa.
Langkah AS ini dipandang sangat penting dan kritis mengingat Turki adalah anggota NATO. Jika Turki semakin berpaling ke Timur alias Rusia, ada resiko keamanan mengingat Turki merupakan lokasi dari sejumlah pangkalan penting NATO. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb