F-5EM/FM, Macan Tempur Generasi Keempat Tulang Punggung AU Brasil - Radar Militer

02 Maret 2018

F-5EM/FM, Macan Tempur Generasi Keempat Tulang Punggung AU Brasil

F-5EM/FM Brazil
F-5EM/FM Brazil 

Angkatan Udara Brasil boleh membeli JAS-39 Gripen dan melisensi produksinya seperti diberitakan Sputnik (1/3), namun jagoan sebenarnya adalah F-5EM/FM Tiger II yang sudah digunakan sejak 1980an.
Macan-macan tempur AU Brasil ini bukan macan sembarangan. Secara bertahap AU Brasil mengupgrade kemampuan F-5E/F menjadi F-5EM/FM yang dikerjakan sendiri oleh perusahaan Embraer Brasil dalam program F-5BR. Hasilnya, jet tempur ini naik kelas jadi pesawat tempur generasi keempat, setara F-16.
Modifikasi yang dilakukan adalah pemasangan radar baru Selex Grifo 200 seri F, pemasangan navigasi INS/GPS, sistem pengisian bahan bakar di udara, dan perkuatan struktur untuk menambah umurnya 15 tahun lagi.
F-5EM/FM dilengkapi pula dengan datalink untuk terhubung dengan pesawat AWACS R-99, penggantian avionik dari Elbit Israel, dan sistem OBOGS (On Board Oxygen Generation System). F-5EM/FM bisa melepaskan rudalPython 3 dan Derby dari Israel, atau Mectron buatan dalam negeri.
F-5EM/FM saat ini menghuni tiga skadron tempur di Rio de Janeiro, Manaus, dan Canoas. Jumlah yang sudah diupgrade nampaknya ada di kisaran 40an unit. Brasil sendiri aktif membeli F-5E/F stok negara lain seperti Yordania. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb