Jepang Kerahkan Rudal Anti-Kapal ke Okinawa - Radar Militer

02 Maret 2018

Jepang Kerahkan Rudal Anti-Kapal ke Okinawa

Rudal Anti-Kapal
Rudal Anti-Kapal  

Pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk menggelar unit rudal permukaan-ke-kapal (SSM) ke pulau utama di rantai pulau Okinawa dalam menanggapi pergerakan Angkatan Laut Tiongkok di dekat Selat Miyako yang strategis, menurut sebuah laporan di Asahi Shimbun.
Sumber-sumber pemerintah mengatakan kepada Asahi pada tanggal 26 Februari bahwa penempatan tersebut akan berfungsi sebagai cek untuk kapal-kapal Angkatan Laut Tiongkok yang melewati jalur air antara pulau Miyakojima dan pulau utama Okinawa.
"Pemerintah berencana merumuskan rincian unit baru tersebut, termasuk skalanya, di Kementerian Pertahanan dan sekretariat Dewan Keamanan Nasional. Rincian ini akan memasukkan hal-hal tersebut ke dalam Pedoman Program Pertahanan Nasional yang baru yang akan dikerjakan pada akhir tahun ini dan Program Pertahanan Jangka Menengah," Asahi melaporkan.
Menurut sumber, Tokyo sedang mempertimbangkan untuk mengerahkan baterai SSM Type 12 yang termutakhir ke Okinawa. Jangkauan senjata tersebut sekitar 200 kilometer.
Pedoman Program Pertahanan Nasional Jepang saat ini, yang disusun pada tahun 2013, menetapkan bahwa Jepang akan menunjuk unit SSM untuk mempertahankan pulau-pulau terpencil. Jepang telah memutuskan untuk menggunakan unit SSM ke pulau Miyakojima, yang terletak di sebelah selatan Selat Miyako, kata Asahi.
SSM Type 12 SSM adalah rudal anti kapal yang dipasang diatas truk yang dikembangkan oleh Mitsubishi Heavy Industries Jepang. Rudal ini adalah versi upgrade dari Type 88 Surface-to-Ship Missile. (Angga Saja -  TSM)
Sumber : atimes.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb