Lakukan Inovasi Modifikasi Engine Test Cell, Koharmatau Kembali Peroleh Penghargaan - Radar Militer

21 April 2020

Lakukan Inovasi Modifikasi Engine Test Cell, Koharmatau Kembali Peroleh Penghargaan

radarmiliter.com - Kepala Staf TNI Angkatan udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., memberikan penghargaan kepada Koharmatau atas inovasi dan dedikasi yang sudah ditunjukkan.
Inovasi yang dilakukan Koharmatau melalui Depo Pemeliharaan 20 (Depohar 20) dan Depo Pemeliharaan 30 (Depohar 30) telah mampu melaksanakan modifikasi dan Rewiring Engine Test Cell TPE 331 pesawat C-212 Cassa yang sudah ditambahkan fungsinya untuk pengetesan Engine M250 pesawat G 120 TP-A Grob.
Pesawat Grob TNI AU
Pesawat Grob TNI AU 
Dengan telah berhasilnya melaksanakan modifikasi dan Rewiring Engine Test Cell M250 pesawat G 120 TP-A Grob secara mandiri dengan memanfaatkan sarfashar software dan sumber daya manusia yang ada telah mampu menghemat biaya modifikasi dan Rewińng Engine Test Cell TPE 331 jika dibandingkan pengadaan Engine Test Cell dań luar negeri.
Prosesi penyerahan penghargaan dilakukan oleh Kasau diterima oleh Dankoharmatau Marsekal Muda TNI Dento Priyono, berlangsung di Ruang CC Kasau Gedung Pimpinan Suryadi Suryadarma di Markas Besar TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur. Senin (20/04/2020).
Sebagaimana TNI AU menyelenggarakan kegiatan pemeliharaan Engine pesawat terbang yang dibagi dalam tiga (3) tingkatan pemeliharaan, yaitu pemeliharaan tingkat ringan (Flight Line Maintenance), pemeliharaan tingkat sedang (Intermediate Maintenance), dan pemeliharaan tingkat berat (Depo Level Maintenance). Pemeliharaan Engine pesawat G 120 TP-A Grob sudah dapat dilaksanakan oleh TNI AU dalam tingkatan pemeliharaan tersebut, namun faktanya untuk kegiatan pemeliharaan Engine pesawat G 120 TP-A Grob saat ini masih dilaksanakan diluar negeri.
Koharmatau dan Depo jajaran telah mampu melakukan inovasi sehingga pemeliharaan Engine dapat dilaksanakan secara mandiri tanpa harus bergantung kepada negara lain.
Melalui kerja keras dan inovasi para mekanik terbaik TNI AU (Koharmatau dan jajaran) yang dipimpin Dankoharmatau, telah mampu menyelesaikan inovasi berupa modifikasi yang ditambahkan fungsi untuk pengetesan/uji fungsi Engine M250 pesawat G120 TP-A Grob oleh Depohar 20 dan Depohar 30, pemeliharaan tingkat Engine M250 dapat dilaksanakan di Depohar 30 dan telah di uji coba serta telah disertifikasi oleh Dislambangjaau.
Dari hasil inovasi tersebut diatas TNI AU melalui Koharmatau telah mampu menghemat anggaran belanja negara terkait pemeliharaan alutsista TNI AU yang sebelumnya dilaksanakan oleh negeri lain (pihak ketiga).
Atas prestasi yang telah dicapai tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., memberikan penghargaan kepada Komandan Koharmatau Marsda TNI Dento Priyono, Dandepohar 20 Kolonel Lek Soegeng Ryady, S.T., Dandepohar 30 Kolonel Tek Sembri Bija SE., atas keberhasilan tersebut.
"Saya berharap prestasi yang telah dicapai Koharmatau dan Depo jajaran dapat menjadi contoh, guna memotivasi satuan kerja TNI AU lainnya, untuk menjadi TNI AU yang mandiri dalam memelihara dan merawat alutsista, dalam mendukung kelancaran serta kesiapan operasional TNI AU," harap Kasau.
Hadir Pada kesempatan tersebut Asisten Personel Kasau, Dankohatmatau, Dandepohar 20, Dandepohar 30.(Pen Koharmatau)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb