Taiwan Uji Tembak Rudal yang Mampu Jangkau Tiongkok Tengah - Radar Militer

30 April 2020

Taiwan Uji Tembak Rudal yang Mampu Jangkau Tiongkok Tengah

radarmiliter.com - Taiwan dilaporkan telah melakukan uji coba penembakan rudal baru yang mampu menyerang sasaran di dalam Tiongkok, yang akan segera memasuki produksi massal.
Institut Sains dan Teknologi Nasional Chung-Shan (NCSIST) dikatakan telah menembakkan sejumlah rudal dan roket jarak menengah awal bulan ini di pangkalan militer Jiupeng (九 鵬) di Pingtung, daerah paling selatan Taiwan, tulis UDN .
Taiwan Uji Tembak Rudal
Taiwan Uji Tembak Rudal  
Uji tersebut diyakini termasuk rudal Yun Feng (雲峰), rudal jelajah serang darat supersonik yang memiliki jangkauan 1.500 kilometer, menurut artikel UDN. Rudal itu, dilengkapi dengan mesin ramjet, dapat membawa hulu ledak semi-armor piercing high explosive dan hulu ledak fragmentasi.
Su Tzu-yun (蘇紫雲), seorang analis senior di Institut Penelitian Pertahanan dan Keamanan Nasional (INDSR), mengatakan rudal permukaan-ke-permukaan tersebut dapat dikerahkan untuk melemahkan kemampuan tempur Tiongkok. Senjata itu diyakini dapat menyerang sasaran strategis termasuk bandara, pelabuhan, dan pangkalan komando yang berlokasi di Tiongkok tengah, kata Su mengutip CNA.
Sistem rudal darat termasuk Yun Feng dan rudal jelajah lainnya adalah aset vital arsenal Taiwan ketika terlibat dalam perang asimetris melawan Tiongkok, kata Su. Karena Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAAF) merupakan ancaman terbesar bagi Taiwan jika terjadi konflik militer, negara pulau itu akan dapat mempertahankan diri dengan lebih baik jika bisa melancarkan serangan terhadap pangkalan udara Tiongkok.
NCSIST telah menolak untuk mengomentari laporan uji coba rudal, dan menyebutkan mengenai sensitivitas masalah ini, tulis CNA.(Angga Saja-TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb