Tiongkok Mulai Kirim MBT VT4 ke Angkatan Darat Pakistan - Radar Militer

22 April 2020

Tiongkok Mulai Kirim MBT VT4 ke Angkatan Darat Pakistan

radarmiliter.com - Inner Mongolia First Machinery Group Co.,Ltd, anak perusahaan dari China North Industries Group Corporation (NORINCO), dilaporkan mulai mengirimkan tank tempur utama (MBT) VT4 baru ke Pakistan.
Pada pertengahan April 2020, di pabrik tank Tiongkok yang berlokasi di Baotou di provinsi Mongolia Dalam, diadakan upacara pengiriman batch pertama tank tempur utama VT4 yang dilengkapi dengan explosive reactive armour (ERA) untuk pelanggan asing.
MBT VT4 Angkatan Darat Pakistan
MBT VT4 Angkatan Darat Pakistan 
Media Tiongkok melaporkan bahwa Pakistan adalah pelanggan asing untuk tank-tank ini yang diproduksi setelah Tiongkok bangkit dari krisis coronavirus.
Pada tahun 2019, Korps Lapis Baja Angkatan Darat Pakistan telah memilih tank VT4 Tiongkok yang diproduksi oleh Norinco, untuk memenuhi kebutuhan pengadaan ratusan tank tempur utama baru.
Seorang analis militer, Muzammil Hatami menyebutkan bahwa pemilihan VT4 Norinco untuk meningkatkan armada kendaraan lapis baja Pakistan.
"VT4 telah dikonfirmasi untuk tank AD Pakistan di masa depan dan tank tempur utama Alkhalid II sedang dalam tahap pengembangan," kata Muzammil Hatami selama pameran pertahanan IDEAS Internasional ke-10 di Karachi, Pakistan.
VT4 adalah MBT generasi ketiga yang ditawarkan untuk ekspor oleh Norinco. Tank ini merupakan pengembangan dari MBT-2000 (oleh Pakistan dikenal sebagai Al-Khalid), yang saat ini berdinas pada Angkatan Darat Pakistan, dengan tetap mempertahankan meriam utama 125 mm, carousel auto-loader, dan konfigurasi awak kendaraan.
Terlepas dari kenyataan bahwa detail tender tank tersebut dirahasiakan, dilaporkan bahwa Pakistan mungkin membeli sekitar 100 MBT baru untuk memenuhi kekurangan produksi MBT di negara tersebut.
Pekan lalu juga dilaporkan bahwa Angkatan Darat Nigeria telah menerima pengiriman kendaraan militer dari China North Industries Corporation (NORINCO).
Menurut sumber-sumber lokal, Norinco mengirimkan 17 kendaraan militer batch pertama yang terdiri dari tank tempur utama VT4, howitzer swa-gerak beroda ban SH5 105mm dan tank destroyer ST1.(Angga Saja-TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb