7 Tentaranya Gugur di Medan Laga, Turki Bersumpah Habisi Kurdi di Suriah - Radar Militer

06 Februari 2018

7 Tentaranya Gugur di Medan Laga, Turki Bersumpah Habisi Kurdi di Suriah

 Su-25 Rusia
Militer Turki 

Turki bersumpah akan menghabisi milisi Kurdi YPG/PKK yang ada di Afrin, utara Suriah, menyusul gugurnya tujuh serdadu mereka dalam Operasi Ranting Zaitun yang digelar sejak 20 Januari 2018.
Menurut Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu kepada Al Jazeera, serangan yang mereka lancarkan di perbatasan Suriah itu untuk menumpas milisi Kurdi karena menjadi ancaman serius negaranya.
Tank militer Turki melakukan serangan pada militan Kurdi di perbatasan Turki-Suriah di Hatay, 19 Januari 2018. (Nuri Pir/IHA via AP)
"Ada sekelompok teroris Kurdi YGP/PKK di kawasan Afrin, Suriah. Mereka menembakkan roket ke Turki, hal itu menjadi ancaman serius bagi keamanan dan perbatasan kami," kata Cavusoglu.
Al Jazeera melaporkan pada, Sabtu, 3 Februari 2018, menyebutkan, tujuh anggota militer Turki gugur dalam sebuah operasi dekat Kota Afrin. "Milisi Kurdi mengontrol beberapa kantong di sebelah barat daya Suriah," tulis Al Jazeera.Warga berlarian setelah terjadi ledakan bom di di Diyarbakir, Turki, 4 November 2016. Ledakan bom mobil ini diduga dilancarkan militan Kurdi. REUTERS/Sertac Kayar
Turki menganggap Kurdi YPG sebagai sebuah organisasi teroris dan menetapkan Partai Pekerja Kurdi PKK organisasi terlarang.
Kurdi PKK telah bertempur melawan pemerintah Turki selama lebih dari satu dekade yang mengakibatkan lebih dari 40 ribu orang tewas. Turki merencanakan menciptakan zona aman seluas 30 kilometer di dekat selatan perbatasan sekaligus untuk menghadang Kurdi.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb