Project 11711 kelas Ivan Gren, Kapal Pendarat Amfibi Rusia Catat Kemajuan Besar - Radar Militer

07 Februari 2018

Project 11711 kelas Ivan Gren, Kapal Pendarat Amfibi Rusia Catat Kemajuan Besar

Project 11711 kelas Ivan Gren
Project 11711 kelas Ivan Gren 

Rusia saat ini tengah mengembangkan kapal pendarat amfibi bersandi Project 11711 kelas Ivan Gren. Kapal ini dibangun oleh galangan kapal Yantar di Kaliningrad. Desainnya sendiri adalah hasil karya Nevskoye Design Bureau yang bermarkas di St. Petersburg.
Pemotongan baja untuk lunas dilakukan pada 2004 akan tetapi peluncurannya baru dilakukan pada 2012 karena masalah dana. Jadi walau statusnya baru, jangan heran kalau banyak karat di sana-sini. Ivan Gren didesain untuk mampu membawa 13 tank seukuran T-73, 36 kendaraan angkut pasukan, atau 300 Pasukan komando AL Rusia, Morskhaya Pekhota.
Seperti dicatat oleh TASS (2/2), Ivan Gren saat ini memasuki fase pengujian untuk sistem pendaratan helikopter. AL Rusia memang menggunakan sistem pemandu yang membantu helikopter untuk dapat mendarat dengan mudah di atas kapal. Ivan Gren sendiri sudah berlayar di Baltik sejak bulan November 2017.
Untuk memverifikasi keberhasilan pendaratan tersebut, sejumlah helikopter Ka-27 Hormone yang pilotnya diambil dari Armada Baltik AL Rusia didatangkan untuk melakukan uji coba lepas landas dan mendarat dari Ivan Gren, baik dalam kondisi siang hari maupun malam hari, cuaca cerah maupun berkabut.
Galangan kapal Yantar yang membuat Ivan Gren mengatakan bahwa ujicoba dari kapal pendarat amfibi ini optimis bisa diselesaikan pada bulan Februari. Bila AL Rusia puas dengan kinerja Ivan Gren, maka kapal pendarat amfibi ini bisa secepatnya masuk dalam dinas aktif. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb