Apa Misi Jet Siluman Sukhoi Su-57 di Suriah, Sekedar Uji Coba atau Mau Hadang F-22 AU AS? - Radar Militer

27 Februari 2018

Apa Misi Jet Siluman Sukhoi Su-57 di Suriah, Sekedar Uji Coba atau Mau Hadang F-22 AU AS?

Jet Siluman Sukhoi Su-57
Jet Siluman Sukhoi Su-57  

Kedatangan Sukhoi Su-57 ke Pangkalan AU Rusia di Khmeimim, Suriah merupakan suatu kejutan yang sangat tidak terduga. Tidak seorangpun yang memperkirakan kedatangannya atau mendengar rencana itu sebelumnya.
Sputnik (24/2) sendiri menerka-nerka apa tujuan Su-57 digelar jauh sampai ke Suriah, padahal mereka belum lagi mencapai tahapan ujicoba. Sejumlah ahli dan pengamat yang diwawancarai nyatanya memberikan jawaban berbeda.
Andrei Frolov, editor majalah Arms Export yang berbasis di Rusia mengatakan bahwa penggelaran ini lebih untuk publikasi dalam rangka pemasaran jet tempur baru ini, khususnya bagi India yang pernah mengancam akan mundur dari program FGFA bersama Rusia.
Sementara Kolonel Jenderal (Mayor Jenderal) Nikolai Antoshkin yang seorang pilot militer Rusia dan mantan veteran perang Afghanistan menjelaskan bahwa walaupun pengujian resmi dilakukan di Pusat Latihan Tempur Lipetsk, pengujian langsung digaris depan adalah sesuatu yang biasa dilakukan oleh Rusia sejak dulu.
Antoshkin juga menegaskan bahwa Su-57 adalah jet tempur yang sempurna untuk menghadapi provokasi terhadap kekuatan Rusia di Suriah, terutama berita bahwa F-22 Raptor AU AS yang berulang kali mengganggu misi penerbangan Su-25 Rusia akhir 2017 lalu. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb