Jepang Pertimbangkan Beli 40 Pesawat Tempur F-35B - Radar Militer

28 Februari 2018

Jepang Pertimbangkan Beli 40 Pesawat Tempur F-35B

Pesawat Tempur F-35B
Pesawat Tempur F-35B 

Harian Jepang Yomiuri Shimbun melaporkan bahwa pemerintah Jepang kemungkinan akan membeli hingga 40 pesawat tempur stealth lepas landas vertikal F-35B dari AS yang dapat beroperasi dari kapal induk, pangkalan di pulau-pulau kecil dan bandara komersial.
"Pemerintah mempertimbangkan untuk mengoperasikan jet tempur F-35B pada sekitar tahun fiskal 2026, dalam upaya memanfaatkan bandara di pulau-pulau terpencil dan dengan demikian meningkatkan kemampuan Jepang untuk mempertahankan pulau-pulau kecil," kata surat kabar tersebut dalam sebuah berita bertanggal 12 Februari.
F-35B adalah versi maritim dari pesawat tempur canggih AS yang dapat melakukan take-off dan pendaratan vertikal (VTOL) dari dek kapal perang.
Yomiuri mengutip narasumber pemerintah Jepang yang mengatakan bahwa Tokyo juga mempertimbangkan apakah akan menggunakan pesawat tempur F-35B di kapal destroyer Angkatan Maritim Beladiri Jepang, Izumo, yang mampu membawa helikopter dan secara de facto adalah merupakan kapal induk.
Militer AS sudah mengoperasikan skuadron F-35B di Jepang dan pemerintah Jepang sudah membeli 42 jet tempur tempur F-35A untuk mengganti pesawat tempur AS generasi lama seperti F-15 dan F-4 Phantom.
"Untuk F-35B, pemerintah berencana akan mengungkap jumlah pesawat yang akan dibeli dalam Program Pertahanan Jangka Menengah berikutnya, yang akan disusun pada akhir tahun ini. Program ini juga mempertimbangkan hal-hal lain termasuk biaya terkait dalam rencana anggaran fiskal 2019, dengan maksud memulai pengiriman F-35B mulai sekitar tahun fiskal 2024," kata Yomiuri mengutip narasumbernya. (Angga Saja - TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb