Su-30MKM TUDM Malaysia Peragakan Tarian Kobra di Langit Singapura - Radar Militer

08 Februari 2018

Su-30MKM TUDM Malaysia Peragakan Tarian Kobra di Langit Singapura

Su-30MKM TUDM Malaysia
Su-30MKM TUDM Malaysia 

Gelaran pameran dirgantara Singapore Airshow 2018 benar-benar sungguh meriah dan mengundang banyak Angkatan Udara dari Negara-negara ASEAN untuk unjuk kebolehan. TNI Angkatan Udara sendiri mengirimkan tim aerobatik andalan yakni Jupiter Aerobatic Team dengan pesawat baling-baling KT-1B Wong Bee.
Namun salah satu bintang pameran dalam atraksi dirgantara yang ditunggu-tunggu justru penampilan Sukhoi Su-30MKM milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM). Jet tempur varian Su-30 terbaik di kawasan ini dilengkapi mesin AL-31FP dengan TVC (Thrust Vector Control) alias knalpot yang bisa dibelok-belokkan untuk membantu manuverabilitas. Su-30MKM sendiri merupakan tamu rutin dalam gelaran Singapore Airshow.
Su-30MKM tidak sekedar jadi ratu di apron, tetapi juga menunjukkan tarian maut pagutan Kobra alias Cobra Pugachev. Su-30MKM tampil pada sesi sorti kedua yang dilaksanakan pukul 13.30 sampai dengan 15.15 untuk tanggal 10 Februari 2018, jadi hanya satu hari saja.
Bagi mereka yang beruntung hari ini, sejumlah fotografer dirgantara dalam Media Day berhasil mengambil momen ketika Su-30MKM melakukan gladi resik, memperagakan manuver Cobra Pugachev sampai pesawat tegak lurus dan kemudian melepaskan flare seakan berupaya melepaskan diri dari sergapan lawan dan kemudian mengambil posisi untuk balik memburunya.
Biarpun sudah banyak video yang beredar mengenai bagaimana manuver Cobra Pugachev dieksekusi, rasanya selalu luar biasa untuk melihat jet tempur gambot berkursi ganda ini ternyata begitu lincah dan gemulai, sekaligus mematikan dalam melaksanakan aksinya. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb