Awasi dan Intip Secara Ketat Indonesia, Australia Upgrade Sistem Radar Jindalee - Radar Militer

09 Maret 2018

Awasi dan Intip Secara Ketat Indonesia, Australia Upgrade Sistem Radar Jindalee

Sistem Radar Jindalee
Sistem Radar Jindalee 

Sebagai Negara di belahan Bumi Selatan yang paling Selatan, Australia dalam Defence White Papernya memandang Indonesia secara ambigu dalam hubungan antar Negara.
Indonesia dianggap sebagai mitra dalam bidang perdagangan, diplomasi serta pertahanan, namun di saat yang sama juga dilihat sebagai ancaman yang paling dekat. Panas dingin hubungan Indonesia-Australia pun tidak sekali dua kali terjadi.
Nah, dalam kaitannya dengan hal tersebut, Australia menurut ABC News (6/3) sudah memutuskan untuk melakukan upgrade pada JORN (Jindalee Operational Radar Network), sistem radar pertahanan maritimnya yang dihadapkan pada tetangganya di utara.
Dengan hanya Indonesia di sisi Utara dan Selandia Baru di sebelah Selatan yang isinya hanya domba dan juga Penguin, maka pembaca sudah pasti tahu kemana arah sistem radar Jindalee ditujukan bukan?
Tak tanggung-tanggung, anggaran yang disiapkan untuk sistem OTH (Over The Horizon) Radar ini senilai AU$ 1,2 Milyar, sesuai keterangan dari Menteri Pertahanan Marise Payne. Dana itu akan digunakan untuk upgrade dan mendukung operasional radar itu selama 10 tahun.
Upgrade ini akan memungkinkan peningkatan kecepatan scan atau sapuan radar untuk menambah jangkauan dan kemampuan deteksi agar JORN tetap canggih dan mampu menangkap sasaran jenis baru.
“Upgrade ini akan memungkinkan pengamatan yang lebih intens dan melihat sasaran yang berukuran kecil, serta mendeteksi ancaman potensial secara akurat. Apa yang bisa dilakukannya dapat mengubah perimbangan.” (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb