Helikopter Raksasa Mi-26T Halo Terima Sistem Proteksi Anti Rudal - Radar Militer

01 Maret 2018

Helikopter Raksasa Mi-26T Halo Terima Sistem Proteksi Anti Rudal

Helikopter Raksasa Mi-26T Halo
Helikopter Raksasa Mi-26T Halo  

Hidup jelas susah kalau anda adalah heli angkut terbesar di dunia. Mi-26T Halo, heli angkut yang dimensinya begitu besar sehingga bisa dimuati truk itu, jelas adalah sasaran yang sangat empuk bagi rudal pencari panas.
Dijamin, untuk perkenaan dengan MANPADS tidak akan begitu sulit kalau sasarannya sebesar Mi-26T. Satu Mi-26 sudah pernah tertembak jatuh di Chechnya pada tahun 2002, gara-gara MANPADS yang diduga sebagai Igla.
Untuk itulah, dikutip dari RBTH (24/2), Mi-26 mulai tahun ini akan dimodifikasi oleh pabrikan Kazan selaku pembuatnya menjadi varian Mi-26T2V, yang memiliki sistem proteksi aktif dan pasif. Untuk sistem proteksi pasif, Mi-26T2V akan menerima sejumlah pelat balistik baru di beberapa titik.
Sistem proteksi aktif yang dipasang pada Mi-26T2V diperkirakan akan berasal dari keluarga Vitebsk/ President-S yang mengandalkan sistem pengacauan berbasis gelombang infra merah multi spektrum untuk menipu sensor pemburu gelombang infra merah sehingga rudal akan berbelok, ditambah sistem pelontar chaff dan flare.
Mi-26T2V juga akan menerima sistem autopilot NPK90-2 yang memampukan penerbangan heli secara autopilot dalam beragam kondisi baik siang maupun malam, termasuk lepas landas dan mendarat secara otomatis. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb