Melihat Proses Pabrik Pembuat Su-35 yang Dipesan TNI AU - Radar Militer

01 Maret 2018

Melihat Proses Pabrik Pembuat Su-35 yang Dipesan TNI AU

Sukhoi Su-35
Perakitan Sukhoi Su-35 

Seperti sudah ramai diberitakan beberapa media dalam dan luar negeri beberapa hari yang lalu, yakni kontrak 11 unit jet tempur Su-35 antara Kementerian Pertahanan Indonesia dengan Perusahaan Rostec dari Rusia sudah ditandatangani. Sekarang tinggal menunggu kontrak efektif sehingga pabrik Komsomol on Amur (KNAAZ) bisa memulai pengerjaannya.
Selagi menunggu lebih banyak kabar baik lainnya, admin ingin mengajak pembaca TSM untuk melihat kesibukan di pabrik jet tempur Rusia tersebut, yang kini tengah sibuk mengerjakan perakitan Su-35S pesanan AU Rusia yang mencapai 100 unit lebih.
Pabrik pesawat Komsomol on Amur sendiri merupakan pabrik pesawat tertua dan terbesar di Rusia, dan merupakan tempat lahirnya Su-27SKM, Su-30MK, dan Su-30MK2 yang saat ini digunakan oleh TNI AU.
Tidak jauh berbeda dengan, katakanlah, pabrik PT Dirgantara Indonesia, line assembly Su-35 sendiri melibatkan banyak tenaga kerja manusia. Panel pesawat yang dilapisi dengan primer nampak sedang dirakit menjadi satu pesawat utuh untuk kemudian dipasangi sistem elektrikal, avionik, sampai ke mesin. Kapan ya kira-kira Su-35 pesanan TNI AU mulai dikerjakan di pabrik ini? (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb