Indonesia Dulu Pernah Ingin Beli F-5 Tiger Eks AU Yordania - Radar Militer

02 Maret 2018

Indonesia Dulu Pernah Ingin Beli F-5 Tiger Eks AU Yordania

F-5 Tiger AU Yordania
F-5 Tiger AU Yordania

F-5E/F Tiger II memang secara resmi sudah pensiun dari TNI AU, dan calon penggantinya adalah Su-35 buatan Rusia. Namun tidak ada salahnya dong kita bernostalgia?
Di luar 12 unit F-5E dan 4 unit F-5F, TNI AU pernah berusaha menambah armada F-5 yang dimilikinya. Pada tahun 1993, ada tawaran untuk membeli 4 unit F-5E eks surplus AU Yordania, dengan harga US$ 25 Juta untuk seluruh pesawat. Yordania sendiri menggunakan 61 unit F-5E dan 14 unit F-5F.
Namun ketika ijin diajukan ke Departemen Luar Negeri AS dan Kongres pada 1993, justru jawaban tidak yang diterima oleh Pemerintah Indonesia karena pelanggaran HAM berat Insiden Santa Cruz di Dili Timor-Timur.
Juru bicara Deplu AS saat itu, Sondra McCary mengatakan, “Setelah pertimbangan masak, termasuk meminta pertimbangan Kongres, Deplu AS memutuskan tidak memenuhi permintaan Yordania untuk menjual F-5 ke Indonesia.
Pada akhirnya adalah Brasil yang berhasil memboyong sejumlah F-5E AU Yordania pada bulan September 2007, dengan jumlah 3 unit F-5F, 4 unit F-5EM, dan 4 unit F-5E. Jet-jet itu diupgrade ke standar F-5EM oleh Brasil dan masih digunakan hingga sekarang. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb