UAS P.1HH HammerHead Masuk Kedinasan Angkatan Bersenjata UEA - Radar Militer

02 Maret 2018

UAS P.1HH HammerHead Masuk Kedinasan Angkatan Bersenjata UEA

UAS P.1HH HammerHead
UAS P.1HH HammerHead 

Pada UMEX 2018, Pameran Sistem Tak Berawak Internasional di Abu Dhabi (UEA), Perusahaan Italia Piaggio Aerospace memamerkan perkembangan terbaru dari P.1HH HammerHead, Sistem Udara Tak Berawak (Unmanned Aerial System - UAS) yang dirancang khusus untuk misi Intelligence, Surveillance and Reconnaissance (ISR). UAS HammerHead dikembangkan dari desain pesawat komersial P.180 Avanti II.
UAS P.1HH HammerHead melakukan penerbangan pertamanya pada bulan Februari 2013, dari sebuah pangkalan Angkatan Udara Italia dan ditampilkan untuk pertama kalinya ke publik pada bulan Juni 2013 di Paris Air Show.
P.1HH HammerHead dapat dilengkapi dengan communications intelligence (COMINT), electronics intelligence (ELINT) and signals intelligence (SIGINT) yang menawarkan kemampuan untuk melakukan berbagai jenis misi. Sistem manajemen misi (mission management system - MMS) yang terpasang dalam P.1HH HammerHead membantu menjalankan misi patroli dan ISR.
P.1HH HammerHead memiliki rentang sayap 15,6m, panjang 14,4 m dan tinggi keseluruhan 3,98 m. Berat maksimum take-off adalah 6.146 kg. Wing area P.1HH HammerHead berukuran 18m², horizontal tail area adalah 3.83m², vertical tail area adalah 4.73m² dan forward wing (canard) area adalah 1,3m².
Inti dari UAS ini adalah Selex ES SkyISTAR Mission Management System (MMS), ditambah dengan Sistem Vehicle Control Management System (VCMS) yang memberi perintah permukaan kontrol aerodinamis pada pesawat UAV dan mengelola peralatan didalamnya. VCMS LRU dipasang di dalam badan pesawat besar, diberi jarak untuk pengendalian suhu dan juga survivabilitasnya. Selex ES juga memasok Ground Control Station (GCS) untuk mengendalikannya dari jarak jauh, dan UAS datalink dan sistem komunikasi yang dapat bekerja di luar garis pandang (beyond line of sight - BLOS). UAV dan GCS sesuai standar NATO STANAG USAR 4671, yang akan membantu menyederhanakan persetujuan terbang di wilayah udara negara lain yang telah meratifikasi standar kelaikan udara UAV ini.
Menurut situs web Defense Industry Daily, Perusahaan Italia Piaggio sejauh ini telah mendapatkan delapan pesanan untuk P.1HH HammerHead, dikirim ke UAE dari tahun 2018, dan telah ada ungkapan "ketertarikan" dari militer Italia, yang telah membantu Piaggio dengan menyediakan pangkalan militer Italia untuk pengujian UAS tersebut. (Angga Saja - TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb