Tak Sanggup Penuhi Rencana Strategis, AL Malaysia Hanya Operasikan 2 Kapal Selam - Radar Militer

01 Maret 2018

Tak Sanggup Penuhi Rencana Strategis, AL Malaysia Hanya Operasikan 2 Kapal Selam

Kapal Selam TLDM
Kapal Selam TLDM 

Sesuai dengan rencana strategis TLDM (Tentera Laut Diraja Malaysia) yang disebut 15 to 5, TLDM seharusnya memiliki 4 unit kapal selam, dari yang saat ini hanya dua unit kapal selam kelas Scorpene yaitu Kapal Diraja (KD) Tunku Abdul Razak dan KD Tunku Abdul Rahman.
Artinya, seharusnya TLDM dibelikan lagi dua unit kapal selam oleh Pemerintahnya. Namun seperti hasil wawancara koran Malaysia The Star (24/2), Kepala Staf AL Malaysia Laksamana Tan Sri Ahmad Kamarulzaman Ahmad Badaruddin mengatakan bahwa rencana pembelian kapal selam berikutnya adalah antara tahun 2031 sampai 2035, dan kapal selam keempat adalah pada tahun 2036 sampai 2040.
Artinya, ketika pembelian kapal selam ketiga dilakukan, kapal selam pertama yaitu KD Tun Abdul Rahman sudah berusia 25 tahun, sudah tua dan waktunya sudah tiba untuk diretrofit atau dicarikan penggantinya lagi karena sudah bertugas sejak tahun 2009. Saat kapal selam keempat dibeli, KD Tun Razak sudah berusia 27 tahun.
Jadi kesimpulannya, dalam 20 tahun kedepan pun, kekuatan kapal selam TLDM tidak akan bertambah sama sekali, karena dua yang pertama akan dipensiunkan atau naik dok untuk perpanjangan umur. TNI AL dengan rencana pengadaan 6 kapal selam dan sudah terealisasi 3 unit Chang Bogo dari Korea Selatan nampaknya bernasib lebih baik. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb