Army-2018: Rusia Kembangkan Pesawat Perang Elektronik Berbasis Ilyushin Il-114-300 - Radar Militer

03 September 2018

Army-2018: Rusia Kembangkan Pesawat Perang Elektronik Berbasis Ilyushin Il-114-300

 Pesawat Perang Elektronik Berbasis Ilyushin Il-114-300
 Pesawat Perang Elektronik Berbasis Ilyushin Il-114-300 

Rusia berencana mengembangan platform pesawat perang elektronik yang berbasis pada pesawat versi upgrade Ilyushin Il-114-300. Direktur Perusahaaan Pesawat Ilyushin untuk program Il-114, Ivan Kabatov mengungkapkan hal tersebut Selasa (28/8/2018) lalu.
“Dengan karakteristik kerja yang unik, pesawat ini adalah platform yang optimal untuk membuat platform udara untuk menyelesaikan berbagai tugas terluas mulai dari pemantauan, patroli, angkut (personel dan kargo) hingga perang elektronik, pengintaian dan tugas tempur,” terang Kabatov.
Ia menambahkan, RADAR-MMS (perusahaan penelitian dan produksi asal Rusia) telah mengumpulkan pengalaman yang luas dalam pengujian dan penggunaan komplek radio-elaktronik yang menjanjikan berbasis laboratorium terbang Il-114LL.
“Lamanya melayang, kecepatan jelajah rendah, rentang suhu yang luas dan kemungkinan penggunaan pesawat ini di aerodrome yang tidak disiapkan memberikan semua alasan untuk mempertimbangkan pesawat ini sebagai platform untuk versi khusus selama tahun-tahun ke depan,” paparnya.
Menurutnya, Il-114 juga sangat menarik bagi pelanggan negara potensial Rusia karena diproduksi menggunakan komponen buatan dalam negeri.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran Ilyushin Tamara Kakushadze mengatakan bahwa prospek pesanan di masa mendatang untuk pesawat ini telah dibahas dengan perwakilan dari otoritas eksekutif federal Rusia di forum militer-teknis Army-2018.
Ilyushin Il-114-300 merupakan pesawat bermesin kembar turboprop. Pesawat ini adalah versi upgrade dari seri Il-114 yang dikembangkan pada era tahun 1980an.(Ery)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb