Balitbang Kementerian Pertahanan dan PT Ansa Solusitama Indonesia Rilis Peluncur Roket 70mm dengan Sistem Mekatronik - Radar Militer

06 September 2018

Balitbang Kementerian Pertahanan dan PT Ansa Solusitama Indonesia Rilis Peluncur Roket 70mm dengan Sistem Mekatronik

Peluncur Roket 70mm dengan Sistem Mekatronik
Peluncur Roket 70mm dengan Sistem Mekatronik 

Teknologi peluncur roket, khususnya pada segmen MLRS (Multiple Launcher Rocket System) pelan-pelan telah dikuasasi, meski masih dalam koridor prototipe, peluncur roket FFAR (Folding Fin Aerial Rocket ) 2,75 Inchi kaliber 7 0mm towed (tarik) dan peluncur roket balistik R-Han 122B versi self propelled dengan platform truk telah dirilis ke hadapan publik. Namun, peluncur roket dengan teknologi mekanika elektronik (mekatronik) terbilang masih langka dalam penelitian litbang pertahanan.
Berangkat dari kebutuhan inovasi dan pengembangan alutsista di dalam negeri, Balitbang Kementerian Pertahanan dan PT Ansa Solusitama Indonesia merilis prototipe apa yang disebut sebagai Mekatronik Peluncur Roket Kaliber 70 mm. Dibanding sistem peluncur konvensional, peluncur mekatronik memungkinkan kendali penembakan dilakukan dengan manual mode dan automatic mode. Dalam deployment-nya, peluncur roket ini dapat digerakan arah larasnya secara otomatis berdasarkan azimut dan elevasi.
Seperti diperlihatkan dalam Bursa Litbang Pertahanan di Gedung Balitbang Kementerian Pertahanan, Pondok Labu, Jakarta Selatan (28-29 Agustus 2018), peluncur roket ini ditampilkan dalam konsol yang terdiri dari empat laras.
Dari spesifikasi, bobot kosong peluncur ini mencapai 250 kg dan bobot penuhnya 286 kg. Seperti halnya peluncur roket pada umumnya, moda penembakan dapat dlakukan secara tunggal dan ripple. Untuk proses penggerakan arah laras, baik eleveasi dan azimut sistem dapat mengadopsi manual mode dan automatic mode. Elevasi laras mulai sudut 0 sampai 85 derajat. Sedangkan azimut mendukung perputaran arah 360 derajat.
Untuk pilihan jenis roketnya sengaja dipilih FFAR kaliber 70 mm yang telah mampu diproduksi PT Dirgantara Indonesia. Ada tga pilihan roket kaliber 70 mm, yakni MK40 (panjang 1000,85 mm dan berat 5 kg) dan MK66 (panjang 1060 mm dan berat 6,2 kg). Jarak luncur roket ini minimal mencapai 7 km, dan maksimal jangkauan 10,4 km.
Sistem firing conntrol mengandalkan wiring (kabel), WiFi system, manual mode dan automatic mode. Dengan dimensi 80 x 70 x 150 cm, serta desain yang relatif kompak, sekiranya konsol peluncur ini dapat dipasangkan pada mounting yang ada di berbagai jenis ranpur dan rantis. (Gilang Perdana)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb