Rusia Berhasrat Buat Pesawat Tilt Rotor Seperti MV-22 Osprey AS - Radar Militer

06 September 2018

Rusia Berhasrat Buat Pesawat Tilt Rotor Seperti MV-22 Osprey AS

Pesawat Tilt Rotor Seperti MV-22 Osprey AS
Pesawat Tilt Rotor Seperti MV-22 Osprey AS 

Diberitakan RIA Novosti (3/9), Rusia dikabarkan sangat berminat dengan konsep pesawat tilt rotor, pesawat yang bisa lepas landas secara vertikal, dan kemudian memutar arah hadap mesinnya sehingga bisa meluncur seperti pesawat turboprop biasa.
Amerika Serikat telah berhasil memproduksi pesawat MV-22 Osprey untuk Angkatan Udara AS dan Korps Marinirnya untuk melaksanakan pendaratan amfibi, yang dikenal dengan ‘from ship to shore’ secara lebih cepat dibanding menggunakan kapal pendarat.
Rusia hendak menujukan pesawat tilt rotor ini untuk mendukung penggelaran pasukan lintas udara, dari Korps VDV sehingga bisa masuk ke wilayah yang lebih dalam. VDV sendiri sedang diminta menyusun dokumen kebutuhan yang mereka inginkan dari pesawat tersebut.
Di Rusia sendiri, Universitas Teknik dan Riset Nasional di Kazan, KNITU, mengklaim telah membuat model pesawat tilt rotor yang mampu terbang sejauh 100 kilometer dengan kecepatan 140 kilometer per jam.
Jika Rusia yang dipercaya membuat pesawat ini, diyakini bahwa ukurannya akan sangat besar, bahkan mungkin bisa dipakai untuk mengangkut ranpur lapis baja. (Aryo Nugroho)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb