Trump Perintahkan Penarikan Pasukan AS dari Suriah Utara - Radar Militer

15 Oktober 2019

Trump Perintahkan Penarikan Pasukan AS dari Suriah Utara


Presiden Donald Trump memerintahkan penarikan pasukan sebanyak 1.000 orang dari Suriah utara yang terjebak dalam operasi militer Turki memerangi pasukan Kurdi. Penarikan ini dilakukan lebih awal dari rencana karena dipicu operasi militer Turki ke wilayah itu.
Tentara Amerika Serikat
Tentara Amerika Serikat 
"Pasukan Amerika kami sepertinya terperangkap di antara dua pasukan yang saling berseberangan, angkatan bersenjata yang maju dan ini situasi yang sangat sulit dipertahankan. Saya berbicara dengan Presiden tadi malam, setelah berdiskusi dengan anggota tim keamanan nasional yang lain, dan dia memerintahkan agar kami memulai penarikan pasukan dari Suriah utara," kata Mark Esper, Menteri Pertahanan AS, sebagaimana dilaporkan CNN, 13 Oktober 2019.
Selain operasi militer Turki yang semakin gencar ke wilayah perbatasan di mana pangkalan militer AS bersama sekitar seribu pasukan ada di sana, alasan lain di balik penarikan pasukan AS dari Suriah utara adalah pasukan Kurdi, SDF memberitahukan bahwa pihaknya telah meminta bantuan dari pasukan Suriah di bawah pimpinan Bashar al-Assad.
Menteri Esper mengindikasikan SDF meminta bantuan Assad saat diwawancara dalam program televisi CBS, seperti dilaporkan Reuters.
Menurut SDF, Assad telah menyetujui pengiriman pasukan untuk membantu SDF menghadapi gempuran pasukan Turki.
Penarikan pasukan AS dari Suriah utara disesalkan sejumlah petinggi militer AS dan sejumlah negara sekutu AS.
SDF menuding AS pengkhianat karena meninggalkan pasukan Kurdi sendirian menghadapi Turki dan ISIS yang memanfaatkan situasi perang itu. Selain itu, warga sipil Kurdi di perbatasan semakin terancam terluka dan kehilangan nyawa karena digempur oleh senjata-senjata pasukan Turki.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb