Ekspor Pertama Jet Latih Tempur FTC-2000G Buatan China - Radar Militer

20 April 2020

Ekspor Pertama Jet Latih Tempur FTC-2000G Buatan China

radarmiliter.com - Jet latih tempur FTC-2000G China yang dibuat oleh Guizhou Aircraft Industry Corporation (GAIC) telah mengamankan pesanan ekspor pertamanya. Ekspor ini hanya dua tahun setelah jet diluncurkan pada 2018 Zhuhai air show.
"Butuh waktu kurang dari dua tahun dari penerbangan pertama ke penandatanganan pesanan ekspor pertama," kata Sekretaris dan Ketua Komite Partai Guifei GAIC, Wang Wenfei pada 16 April. "Ini adalah kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah pengembangan pesawat militer di industri penerbangan," tambahnya.
FTC-2000G Buatan China
FTC-2000G Buatan China  
Nama pelanggan tidak diungkapkan tetapi media berspekulasi bahwa itu bisa menjadi negara Asia Tenggara, mungkin Myanmar. Versi jet latih sebelumnya, FTC-2000 telah diekspor ke Sudan pada tahun 2016.
Mengacu pada pesanan ekspor pertama FTC-2000G, Wang Wenfei mengatakan bahwa awal tahun ini, GAIC memenangkan pesanan ekspor pesawat batch pertama yang akan dikirim dalam beberapa batch, dengan waktu pengiriman 2 tahun. Dia tidak mengungkapkan jumlah pesawat atau harganya.
Konferensi media terlihat seperti upaya untuk meyakinkan pembeli potensial bahwa perusahaan itu bekerja keras untuk memenuhi pesanannya meskipun ada pandemi COVID-19. Sebuah laporan dalam publikasi lokal mengatakan, "Walaupun terpengaruh oleh epidemi, tingkat pemulihan perusahaan telah mencapai 100%. Reporter ini berjalan ke jalur perakitan dan melihat bahwa staf bekerja keras untuk merakit bagian-bagian pesawat bagian depan, bagian belakang pesawat, dan bagian-bagian sayap."
Liu Deyin, direktur ruang perakitan umum dari jalur produksi perakitan komponen, dikutip mengatakan, "Saat ini, perakitan komponen pesawat depan, komponen pesawat belakang dan komponen sayap sedang diselesaikan."
FTC-2000G juga memiliki julukan "Mountain Eagle". FTC-2000G adalah pesawat "serba guna" yang karakteristiknya adalah:

  • Sebagai pesawat serang, ia memiliki radius tempur yang besar dan kemampuan penetrasi yang kuatdan dapat melakukan dukungan udara dekat, intersepsi medan perangdan kedalaman. Serta misi tempur udara-darat lainnya;
  • Sebagai jet tempur, ia memiliki kemampuan manuver yang baik, kesadaran situasional yang kuat dan kemampuan bela diri, dan kemampuan bertahan yang tinggi di medan perang. Jet ini dapat melakukan tugas-tugas tempur udara-ke-udara seperti pertempuran udara, pengawalan tempur dan patroli udara;
  • Sebagai jet latih, ia memiliki jangkauan yang luas, efisiensi pelatihan yang baik, keamanan dan keandalan yang tinggi, dan memiliki kemampuan manuver sub/ transonik ketinggian menengah/ rendah yang luar biasa. Jet ini dapat menyelesaikan tugas pelatihan menengah, lanjutan, pertempuran dan konfrontasi taktis, dan pilot pasukan tempur.
Selama dua tahun terakhir, para pemimpin militer dari banyak negara di Asia, Afrika dan negara-negara lain telah datang ke Guifei untuk melakukan penelitian mendalam teknologi produk dan penerbangan ujicoba, kata Wang.(paijojr)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb