Indonesia-Malaysia Kerjasama Selamatkan Sandera Abu Sayyaf - Radar Militer

15 April 2016

Indonesia-Malaysia Kerjasama Selamatkan Sandera Abu Sayyaf

Kerjasama Indonesia-Malaysia
Kerjasama Indonesia-Malaysia

Pemerintah Indonesia dan Malaysia bekerja sama untuk pembebasan warga kedua negara yang diculik oleh perompak dari kelompok Abu Sayyaf di Filipina. Untuk keamanan perairan, kedua negara juga siap meningkatkan pembicaraan soal negosiasi perbatasan.
"Dalam isu penculikan di Selatan Filipina, Malaysia bekerja sama dengan pihak Indonesia serta Filipina dalam aspek perkongsian maklumat di peringkat pasukan keselamatan," kata Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Zahrain Mohamed Hashim, Selasa (12/4).
Zahrain mengatakan kedua negara akan mencari jalan terbaik untuk menyelamatkan para sandera dari tangan kelompok teroris Abu Sayyaf.
Bulan lalu, Abu Sayyaf menculik 10 awak kapal Indonesia dari sebuah kapal Taiwan dekat Jolo. Abu Sayyaf disebut meminta tebusan hingga 50 juta peso untuk pembebasan mereka. Sepekan kemudian, kelompok militan ini menculik empat kru kapal Malaysia dekat Sabah.
Untuk mengatasi masalah penculikan ini, kedua negara juga sepakat untuk mengintensifkan negosiasi perbatasan maritim. Hal ini dibicarakan dalam pertemuan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menlu Malaysia Sri Anifah Aman di sela pertemuan Menlu OKI di Istanbul, Selasa kemarin.
"Kedua Menlu sepakat agar negosiasi perbatasan maritim dapat diintensifkan. Penunjukkan Utusan Khusus diyakini akan mampu mempercepat upaya penyelesaian perbatasan maritim," ujar pernyataan Kemlu RI.
Diharapkan penyelesaian batas maritim kedua negara dapat mencegah insiden terkait nelayan dua negara.
Kedua Menlu juga menyatakan pentingnya peningkatan keamanan di perairan ASEAN, termasuk di wilayah yang sering terjadi penyanderaan, seperti di perairan Sulu antara Malaysia dan Filipina.
"Keamanan wilayah perairan ini akan sangat berdampak pada pembangunan ekonomi ASEAN," lanjut pernyataan Kemlu RI.

Sumber : http://www.cnnindonesia.com/internasional/20160413063906-106-123524/indonesia-malaysia-kerja-sama-selamatkan-sandera-abu-sayyaf/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb